alexa

Catat, Mulai Selasa Embarkasi Haji Balikpapan Tidak Boleh Ada Pasien COVID-19

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Satgas COVID-19 Balikpapan mulai besok mengosongkan Embarkasi Haji di Batakan. Fasilitas ini akan digunakan untuk persiapan keberangkatan calon jamaah haji.

Sampai saat ini masih ada 34 orang pasien yang dirawat di Asrama Haji. Mereka semua nanti akan dipindahkan. Alhasil, tidak ada lagi pasien isolasi mandiri di embarkasi nantinya. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan, Andi Sri Juliarty. Satgas juga sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri alternatif. Yakni Hotel Grand Tiga Mustika yang berlokasi di Balikpapan Kota.

“Tadinya ada enam atau delapan hotel yang mengajukan. Kira seleksi tinggal dua hotel, Gran Senyiur dan Grand Tiga Mustika,” ungkapnya, Minggu (30/5/2021).

Namun akhirnya Gran Senyiur tidak jadi mengajukan. Lantaran sudah ada tiga kegiatan yang akan dilaksanakan di hotel tersebut, bersamaan dengan pelaksanaan evakuasi pasien COVID-19 dari Asrama Haji.

Adapun syarat hotel yang boleh mengajukan untuk menjadi tempat isolasi mandiri, minimal memiliki 50 kamar. Setelah dipergunakan sebagai tempat isolasi maka pihak hotel tidak diperkenankan menerima tamu lain.

“Bisa terima tamu, tapi tamu covid,” katanya.

Sebagai contoh, misalnya ada suatu perusahaan yang menginformasikan ada karyawan yang terkonfirmasi positif. Maka diperkenankan menggunakan fasilitas kamar yang ada.

“Kalau tamu biasa tidak boleh. Dan tidak boleh lagi ada kegiatan-kegiatan selain untuk pelayanan pasien covid,” tutup perempuan yang akrab disapa dr Dio ini. (ryn/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply