alexa

3 Macam Penyakit Menonjol di Mahulu selain COVID-19, Apa Saja?

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Meskipun Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) saat ini nol COVID-19, dan sudah menjadi zona hijau, pemkab melalui Dinas Kesehatan Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berencana (Diskes P2KB), mengimbau masyarakat Mahulu tetap waspada terhadap penyakit lain.

Laporan bulanan dari rumah sakit dan puskesmas se-Mahulu pada April lalu, menunjukkan ada 3 macam penyakit umum yang menonjol diderita oleh warga.

“Tiga macam penyakit yang cukup menonjol. Yaitu Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), hipertensi (tekanan darah tinggi), dan diare,” terang Kadinkes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso kepada Harian Disway Kaltim dan Nomorsatukaltim.com, Kamis (27/5/2021).

Teguh Santoso menjelaskan, untuk ISPA penanganananya hampir sama dengan penanganan COVID-19. Yaitu dengan memakai masker, serta menghindari daerah berdebu dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

“Hipertensi biasanya erat hubungannya dengan pola konsumisi makanan, diet garam, dan lemak,” urainya.

Dipaparkan Agustinus, warga yang mengidap hipertensi dianjurkan rutin mengikuti kegiatan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) dengan sering kontrol tekanan darah, serta aktivitas fisik/olah raga yang teratur.

Baca Juga:  Mahulu Terapkan PPKM Mikro hingga 28 Maret

“Untuk penyakit diare biasanya musiman, seiring dengan musim kemarau. Ini sangat berhubungan dengan kebersihan diri dan lingkungan, mencuci tangan pakai sabun, memasak makanan, merebus minuman, dan tidak jajan sembarangan,” tuturnya.

Kadiskes P2KB mengimbau masyarakat agar terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Hal itu sebagai upaya menekan angka jumlah warga yang terpapar 3 macam penyakit itu.

“Saya berharap agar para kepala rumah sakit, puskesmas, dan posyandu terus menyosialisasikan dan mengadvokasi cara hidup sehat kepada masyarakat,” tandasnya.(imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply