alexa
ngopi

Masih Kering, Dugaan Awal Ada Terowongan di Dasar Waduk Telaga Sari Balikpapan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Menyusutnya air di Bendali Telaga Sari Jalan Piere Tendean, Gunung Pasir, Balikpapan Kota, pada 17 Mei 2021 lalu, menjadi perhatian banyak pihak.

Salah satunya civitas kampus Teknik Geologi Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan. Bahkan pihak kampus rela menurunkan satu timnya beberapa waktu lalu untuk menyelidiki.

Dosen pembimbing yang tergabung dalam tim tersebut, Abdi Supriyanto menyebut. Mahasiswanya sudah melakukan investigasi awal. Upaya itu dibarengi dengan mewawancara beberapa warga setempat.

Kesimpulan sementara ada dugaan air merembes di bawah waduk, dan mengalir ke arah drainase pembuangan air. “Kami meyakini aliran air itu tidak menuju ke pemukiman warga,” ujarnya, saat dihubungi, Kamis (27/5/2021).

Kuat dugaannya, rembesan air terjadi di bagian belakang bendungan di dekat pintu air. Hal itu ditandai dengan adanya seepage, yakni fenomena munculnya arus yang menyerupai mata air. Menandakan bahwa air tersedot ke bagian dasar pondasi waduk, kemudian mengalir menuju drainase pembuangan.

“Penelitian lebih lanjut akan dilakukan survei kondisi geologi di sekitar waduk. Kemungkinan penyebab lainnya karena ada pergerakan tanah, frakturing atau dinding waduk yang mengalami keretakan,” imbuhnya.

Terpisah, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut pihaknya belum bisa memastikan penyebab pastinya, serta masih menunggu hasil investigasi dari tim yang dibentuk Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan.

“Saya dilaporkan kepala Dinas PU, timnya sedang bekerja. Mudahan dalam satu bulan ini tim bekerja bisa tuntas sehingga bisa dapat gambaran utuh, apa masalahnya dan bagaimana penanganannya,” ujar Rizal.

Dugaan sementara, kata dia, ada terowongan pada waduk tersebut. Pasalnya beberapa sandbag yang sudah dipasang dibagian dasar waduk untuk mengantisipasi kekuatan aliran air kini menghilang.

“Sepertinya ada terowongan karena beberapa sandbag yang dipasang juga tertelan. Tapi, nanti para ahli yang bisa memastikan,” imbuhnya. (ryn/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply