ngopi

PLN Masih Investigasi Penyebab Blackout, Ini Perkiraan Waktu Sambungan Kembali Normal

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Penyebab padamnya listrik Sistem Mahakam atau blackout yang terjadi pada 13.29 Wita masih dilakukan diinvestigasi oleh PLN.

Hal ini diungkapkan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltimra, Saleh Siswanto dalam konferensi pers saat memberikan penjelasan blackout pada Kamis petang (27/5/2021).

Ia menjelaskan, bahwa penyebab utamanya adalah jaringan transmisi dari Sistem Barito dan Sistem Mahakam memgalami gangguan. Sehingga seluruh pembangkit yang terkoneksi Sistem Mahakam mendadak shutdown.

“Informasi yang dapat dari penyaluran disinyalir adanya gangguan lepas saluran udara tegangan tinggi yang ada jalur antara Tengkawang dan Embalut. Sistem pembangkit Kaltim lepas sehingga mengakibatkan interkoneksi antara Kalimantan Selatan dan Kaltim lepas. Artinya lepas sistem,” terang Saleh Siswanto.

Ia menyebut padamnya listrik ini tidak sampai memakan waktu hingga belasan jam. Dari estimasinya listrik akan kembali normal empat sampai lima jam sampai delapan jam. Karena PLN tengah mempersiapkan beberapa pembangkit PLTU untuk menormalkan listrik kembali melalui pembangkit yang ada.

Untuk itu, proses penormalan dilakukan secara bertahap. Pada pukul 16.00 Wita sebagian wilayah sudah kembali normal.

“Kita menunggu kesiapan pembangkit PLTU ini seluruh sistem antara Kalsel dan Kaltim normal, kita tahu untuk PLTU ini membutuhkan waktu untuk proses pemanasan,” ucapnya.

Adapun tiga unit PLTU sedang proses penormalan adalah PLTU Balikpapan dengan daya 2 x 100 Megawatt, PLTU Bontang dengan daya 2 x 30 Megawatt dan PLTU Tanjung Batu dengan daya 2 x 110 Megawatt.

Terkait kabar bahwa listrik padam sampai dengan 18 jam, Saleh menepis kabar hoax tersebut. Ia menargetkan sistem. Kelistrikan di wilayah kerja PLN UIW Kaltimtara bisa kembali normal pada malam hari terjadinya pemadaman tersebut.

“Beban puncak kita mencapai 535 Megawatt itu terjadi mulai jam 18:30 sampai dengan jam 21.00. Sehingga ketika kita perkirakan usai beban puncak listrik malam sudah kembali normal. Tidak sampai 18 jam, ” tutup Saleh. (fey)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply