Pesan AGM Untuk Pengurus Gerakan Pramuka PPU yang Baru

PPU, nomorsatukaltim.com – Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud (AGM) berharap besar pada pengurus-pengurus ‘tunas kelapa’ daerah yang baru. Yang dilantik dan dikukuhkan pada periode 2021-2024.

Gerakan Pramuka bagi orang nomor satu di PPU ini sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal. Merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan. Juga sebagai kesinambungan gerakan Kepanduan Nasional Indonesia pada masa lampau.

“Gerakan ini bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang tinggi, sehat jasmaninya, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya,” ucapnya, Kamis (27/5/2021).

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka Gerakan Pramuka diarahkan kepada berbagai program. Mulai pendidikan mental dan kepribadian, ketrampilan. Serta karya bhakti untuk membantu masyarakat dalam segala bidang. Pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya.

“Sehingga tidak heran jika masa lampau sebagian besar siswa SD hingga SLTA sangat berminat menjadi anggota pramuka aktif,” ujar bupati muda ini.

Akan tetapi, sambungnya, saat ini kita dapat melihat mulai terjadinya pergeseran. Generasi muda ia lihat mulai meninggalkan Pramuka, dan lebih tertarik terhadap kegiatan-kegiatan lain. Bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.

“Seperti penyalahgunaan obat, perkelahian, menurunnya kepatuhan terhadap hukum, serta meningkatnya penggunaan kekerasan sebagai cara menyelesaikan permasalahan dan lain sebagainya,” sebutnya.

Maka dari itu, keberhasilan revitalisasi Gerakan Pramuka yang hingga kini masih terus dilakukan membutuhkan komitmen dari semua pengurus. Karena upaya mengembalikan kejayaan Gerakan Pramuka seperti masa lampau tentulah bukan pekerjaan yang ringan.

Tantangan berat itu, lanjutnya, seharusnya tidak lantas menjadikan beban. Akan tetapi justru memacu dan menumbuhkan semangat untuk berupaya maksimal. Guna memajukan Gerakan Pramuka, khususnya di PPU.

“Untuk itu, saya berharap kepada Pengurus Mabiran, Pengurus Kwarran, dan Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Penajam yang baru dilantik dan dikukuhkan untuk dapat bekerja keras, dan tulus ikhlas untuk memajukan Gerakan Pramuka di Bumi Benuo Taka kita ini,” jelasnya.

Kata AGM, Pemkab PPU hingga kini senantiasa mendukung revitalisasi Gerakan Pramuka. Dalam mengembalikan kejayaan Gerakan Pramuka. Tujuannya untuk kembali menarik minat generasi muda. Sejak SD, SMP dan SMA untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka.

Ia memandang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwaran Pramuka selama ini merupakan bentuk partisipasi. Dalam kegiatan pembangunan yang juga pemerintah laksanakan. Utamanya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan karakter bagi generasi muda.

“Karena mereka masih senang melaksanakan berbagai kegiatan Pramuka, bukan hanya jambore saja,” sebutnya.

Lebih lanjut, dalam momentum pelantikan dan pengukuhan pengurus-pengurus baru ini dapat memberikan semangat baru. Sekaligus mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab bersama terhadap kemajuan Gerakan Pramuka.

“Selamat bekerja,” tutup AGM. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply