alexa

Tim Realisasi Program BPJS Gratis di Balikpapan akan Dibentuk

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan memastikan janji politik Rahmad Mas’ud – Thohari Aziz terkait program BPJS Gratis, akan direalisasikan.

Kepala Diskes Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut, program itu masih digodok dengan melibatkan beberapa inatansi terkait, antara lain BPJS Kesehatan dan juga Dinas Sosial (Dinsos) untuk melakukan inventarisasi kriteria penerima bantuan pembiayaan kesehatan tersebut, yang dikhususkan untuk pelayanan kelas tiga.

“Nanti akan dibentuk tim,” ujarnya, saat ditemui, Kamis (27/5/2021).

Ia belum bisa memberikan data berapa persen dari pelanggan BPJS Kesehatan kelas tiga yang akan diakomodasi sebagai penerima bantuan dari program BPJS Gratis tersebut.

“Belum, masih dibahas kita sesuaikan ketersediaan anggaran,” tukasnya.

Ada dua program utama di bidang kesehatan, katanya. Yakni bantuan pembayaran iuran BPJS serta pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) berupa penditian dua rumah sakit baru, di wilayah Barat dan Timur. Kedua wilayah tersebut memang belum memiliki rumah sakit yang memadai.

Selama ini pasien-pasien dengan penyakit berat di daerah barat dan timur, harus menempuh perjalanan ke rumah sakit yang ada di Balikpapan Tengah misalnya, di RSUD Beriman Balikpapan atau harus ke wilayah Utara yang sudah lebih dulu memiliki RS Kanujoso Djatiwibowo.

“Rencananya Rumah Sakit Sayang Ibu akan dirombak menjadi rumah sakit umum seperti RSUD Beriman. Kalau di daerah timur memang sama sekali belum ada. Adapun Rumah Sakit Medika Utama di Manggar punya Pupuk Kaltim Bontang,” terangnya. (ryn/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply