alexa

Pastikan Tangani Corona, Satgas COVID-19 Pantau Pertamina

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Tim Satuan Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 Kota Balikpapan memantau perumahan Pertamina. Mereka memastikan perusahaan melakukan prosedur untuk menangani wabah di lingkungannya. Kehadiran Tim Satgas COVID-19 dipimpin Camat Balikpapan Kota, Heru Resandy S Kesuma.

Ketua Tim Satgas COVID-19 Balikpapan Kota, Heru Resandy mengatakan pemantauan ni dilakukan karena salah satu wilayah perumahan Pertamina berada di Kelurahan Prapatan. “Kunjungan ini dilakukan untuk melihat langsung penanganan dan pengendalian Covid-19 di RU V yang berada diwilayah Kelurahan Prapatan. Kami bertemu dengan tim Satgas Pertamina,” kata Heru pada Rabu (26/5/2021).

Sebelum melakukan rangkaian kegiatan, tim Satgas terlebih dahulu mengikuti protokol kesehatan diantaranya testing swab antigen. “Kami mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di Pertamina. Penerapan protokol kesehatan yang telah dilaksanakan Pertamina kami harapkan dapat juga diterapkan terutama di tempat lain terutama melakukan pemeriksaan dan testing,” ujarnya.

Heru menjelaskan bahwa sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pada bukan Februari 2021, Pihak Kecamatan Kota telah membentuk Satgas tingkat kelurahan. Tugas dari Satgas ini adalah untuk membangun kebiasaan terkait dengan protokol kesehatan melalui kegiatan sosialisasi dan berbagai upaya. Di level perusahaan tentunya ada Satgas yang dibentuk oleh perusahaan.

“Masyarakat dan tokoh di lingkungan menjadi anggota satgas yang bertujuan untuk membangun kebiasaan baru dengan melaksanakan protokol kesehatan,” jelas Heru.

Di kelurahan Prapatan sendiri ada 38 RT. Sebanyak 8 RT berada di Komplek Perumahan Pertamina. “Setiap RT harus memiliki tempat isolasi, dan untuk 8 RT yang berada di Pertamina tentunya sudah dikelola langsung oleh perusahaan,” tukasnya.

Dia mengakui bahwa pelaksanaannya tidak mudah, namun segala upaya harus dilakukan. “Setidaknya sudah ada 48 kali kami melakukan razia protokol kesehatan. Kami akan terus berupaya mengingatkan,” sebut Heru.

Pihaknya berharap koordinasi dapat terus dapat berjalan dengan baik. Apabila ada penambahan kasus, dapat berkoordinasi secara langsung dan bersama-sama dapat memutus penyebaran kasus COVID-19.
Sementara itu, Ketua Tim Satgas Penanganan COVID-19 Pertamina RU Balikpapan Arjon Siagian menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh Tim Satgas dari Kecamatan Balikpapan Kota dan Kelurahan Prapatan.

“Tentunya dari kunjungan ini nanti kita dapat menerima masukan serta melihat beberapa sisi yang dapat ditingkatkan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Tim Satgas Penanganan Covid 19 Pertamina RU Balikpapan memaparkan beberapa kegiatan yang dilakukan untuk pengendalian Covid-19. Hal-hal yang disampaikan terkait dengan protokol kesehatan, pengaturan pekerja, tracing dan testing serta pengelolaan safe house untuk isolasi.
“Kami terus mengedukasi pekerja dan mitra kerja serta keluarga berinteraksi sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Arjon juga menyampaikan harapannya agar sinergi kolaborasi antara Pertamina dan Pemerintahan dapat terus dikembangkan. “Kami akan terus berkoordinasi dan komunikasi,” tutupnya. (fey)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply