alexa

Bustos Datang, Borneo FC Punya 5 Pemain Asing, Siapa Disingkirkan?

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Borneo FC Samarinda mengambil langkah tak populer untuk memperdalam skuatnya. Mereka mendatangkan 1 pemain asing lagi usai mengontrak kembali Fransisco Torres. Pemain tersebut adalah Jonathan Bustos. Masalahnya kini, Pesut Etam punya 5 pemain asing. Padahal regulasi Liga Indonesia hanya boleh 4 asing. Jadi, bagaimana?

Borneo FC Samarinda benar-benar serius membenahi lini depannya. Setelah mendatangkan Wawan Febrianto, Pesut Etam menarik kembali mantan penyerang asingnya, Fransisco Torres. Tak puas sampai di situ saja, seorang gelandang serang asing bertipe playmaker berhasil didatangkan.

Pemain tersebut adalah Jonathan Bustos. Berkewarganegaraan Argentina, dan menariknya, Bustos masih tergolong sangat muda untuk ukuran pemain asing. Karena usianya baru 26 tahun.

Bisa dipastikan bahwa Bustos akan diplot sebagai ‘Bruno Fernandes-nya’ Borneo FC Samarinda. Yakni akan bermain sebagai gelandang serang, namun akan fokus membantu peredaran bola di kotak penalti. Menyuplai bola ke penyerang utama, dalam hal ini adalah Torres.

Atau dalam skema lain, Bustos akan memerankan free role player, seperti Diogo Campos pada musim lalu. Karena Bustos juga fasih bermain di kedua sisi sayap di lini serang.

Baca Juga:  Tiba di Samarinda, Pemain Borneo FC Langsung Swab Test

Menilik statistiknya, Bustos bukanlah gelandang serang yang rajin membuat gol atau asis. Bermain 51 kali bersama Club Atletico Huracan, FBC Melgar, Club Atletico Platense, dan AE Larisa secara akumulatif. Pemain kelahiran Buenos Aires tersebut hanya membuat 2 gol tanpa sebiji pun asis yang ia buat.

Bisa dibilang, ini adalah sebuah pertaruhan besar lagi bagi Borneo FC. Seperti halnya ketika mendatangkan Amer Bekic yang agresivitasnya tidak terlalu baik ketika bermain di Eropa. Dan ternyata lamban beradaptasi di skema permainan Mario Gomez di Borneo FC.

Namun yang jelas, kedatangan Bustos dapat dimengerti adalah rekomendasi dari tim pelatih Pesut Etam. Yang bisa diasumsikan bahwa Mario Gomez lebih membutuhkan pemain asing yang bisa mengendalikan permainan. Bukan pencetak gol ataupun asis.

*

Diumumkan secara resmi pada Rabu 26 Mei 2021 sore. Jonathan Bustos diagendakan akan langsung bergabung dengan rekan-rekan barunya di Jogjakarta. Untuk mengikuti TC Borneo FC Samarinda selama dua pekan. Walau belum dapat dipastikan apakah akan langsung dilibatkan dalam beberapa laga uji coba atau belum.

Baca Juga:  Borneo FC Tambah Variasi Taktik

“Kami ucapkan selamat datang untuk Jonathan Bustos dan kami harap dia bisa mendongkrak permainan tim dan membawa Borneo FC berprestasi.”

“Besok kita dia akan bergabung bersama tim di Jogja, sebelumnya dia menjalani karantina terlebih dahulu di Jakarta,” kata Manajer Borneo FC, Farid Abubakar di laman resmi klub.

*

SIAPA YANG DISINGKIRKAN?

Datangnya Bustos membuat skuat asing di Borneo FC jadi kebanyakan. Kini mereka surplus pemain asing. Karena sebelum Bustos, Pesut Etam sudah punya 4 pemain asing; Javlon Guseynov, Nuriddin Davronov, Amer Bekic, dan Fransisco Torres.

Sementara kita tahu bahwa regulasi Liga Indonesia hanya memperbolehkan setiap klub memainkan 4 pemain asing saja. Dalam keterangannya, manajer Farid Abubakar bilang akan menyerahkan sepenuhnya pada Mario Gomez. Apakah akan memberdayakan kelima skuat asingnya. Atau akan mendepak salah satunya.

“Sementara semua pemain asing itu adalah milik Borneo FC. Saya tak tahu bagaimana nanti. Bisa saja kami pakai semua pemain yang ada ini, atau bisa pula ada pengurangan. Semua tergantung pelatih yang paham bagaimana kebutuhan tim di kompetisi nanti,” kata Farid.

Namun dari rumor yang beredar, Amer Bekic besar kemungkinan akan dilego. Entah secara permanen ataupun peminjaman. Kedatangan Fransisco Torres yang berposisi sama dengan Amer menguatkan asumsi itu. Ditambah, Amer tak terlihat dalam rombongan yang berlatih di Jogjakarta. Lalu, kedatangan Bustos seperti memberi sebuah pembenaran. Bahwa Amer telah gagal memenuhi ekspektasi tim pelatih. Sehingga rasa-rasanya, Amer dikeluarkan dari proyeksi tim musim ini.

Baca Juga:  Uji Coba Persiba vs Borneo FC Dekati Kenyataan

Sayangnya, Borneo FC Samarinda belum mau terang-terangan soal nasib Amer. Nomorsatukaltim.com sudah coba mengonfirmasi beberapa sumber dalam klub. Namun hanya dijawab, “Saat ini Amer masih pemain Borneo FC.” Saat ini, besok, bisa jadi lain ceritanya, kan? (frd/ava/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply