alexa

20 Duta Wisata PPU Jalani Karantina

PPU, nomorsatukaltim.com – Calon Duta Wisata Penajam Paser Utara (PPU) sedang menjalani masa karantina. Mereka ialah 20 muda-mudi Benuo Taka yang bakal menjadi ujung promosi kepariwisataan.

Sebelumnya, pendaftaran Duta Wisata Benuo Taka 2021 ditutup pada 13 Mei lalu. Sebanyak 47 peserta dari seluruh kecamatan di PPU terjaring. Lalu, proses pemilihan Duta Wisata Benuo Taka 2021 PPU memasuki tahap seleksi pada Kamis (20/5/2021) lalu. Seleksi itu meliputi tes kesehatan, tes tulis, dan wawancara.

Kemudian, terpilihlah 20 besar peserta untuk mengikuti proses selanjutnya yaitu pra karantina, pembekalan, dan grand final.

“Dalam karantina ini, kami beri materi dari berbagai narasumber. Ini adalah pembekalan untuk mereka,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) PPU Andi Israwati Latief, Rabu, (26/5/2021).

Sebelumnya juga ada masa pra-karantina pada 22 Mei. Dilanjutkan 24-30 Mei dilakukan pembekalan kepada grand finalis (unjuk bakat dan presentasi). Terakhir, pada 31 Mei merupakan Grand Final Duta Wisata Benuo Taka 2021.

“Jadi grand final kami laksanakan pada 31 Mei di aula lantai satu Kantor Bupati. Karena pandemi COVID-19, kami usahakan ada yang online dan offline-nya nanti kami laksanakan. Penilaian finalis kami lihat dari brain, kepribadian, kemampuan berbahasa, public speaking,” jelas Andi.

Baca Juga:  Promosi Wisata PPU Lewat SMS Blast

Pihaknya juga berharap duta wisata yang terpilih nantinya akan dapat membantu pemerintah dalam proses pembangunan. Lagi-lagi utamanya karena PPU ditunjuk sebagai ibu kota negara (IKN). Jadi sebagai duta, mereka harus mampu memperkenalkan potensi wisata di PPU.

“PPU ditunjuk sebagai IKN kan, jadi untuk memperkenalkan tempat wisata di PPU. Ini perlu karena sudah dua tahun kosong untuk pemilihan Duta Wisata,” tutup dia. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply