ngopi

Unikarta Sandang Akreditasi ‘Baik Sekali’ dari BAN-PT

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Universitas Kutai Kartanegara atau dikenal Unikarta kini resmi menyandang akreditasi ‘Baik Sekali’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sertifikat Akreditasi dan Surat Keputusan (SK) secara resmi diterima Unikarta pada 11 Mei lalu dan terpampang di website BAN-PT.

Perguruan tinggi Unikarta terus berupaya meningkatkan kualitas. Level akreditasi pun diperbarui guna mendapatkan pengesahan dari BAN-PT. Pencapaian luar biasa ini merupakan perjuangan dan hasil jerih payah kepemimpinan Rektor Universitas Kutai Kartanegara, Erwinsyah SH, SE, M Si, CLA.

Saat ditemui di kantornya, Erwinsyah menjelaskan ada sembilan kriteria yang menjadi kategori penilaian sesuai dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 dan Instrumen Akreditasi 3.0 yang mengacu pada Peraturan BAN-PT 01/2020.

Mulai dari tata pamong, tata kelola, kepemimpinan, visi-misi kampus, sumber daya manusia, keuangan dan sarana prasarana, penelitian, pengabdian masyarakat, hingga dampak output outcome kinerja Unikarta hingga mendapat peningkatan status akreditasi ini.

“Itu hasil penilaiannya secara komposit, gabungan dari sembilan kriteria secara keseluruhan,” jelasnya kepada media Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Selasa (25/5/2021) siang.

unikarta2

Gedung Unikarta. (ist)

Status akreditasi ini satu tingkat di bawah peringkat teratas atau terakreditasi Unggul. Erwinsyah menitip terima kasih kepada seluruh pihak, baik internal maupun eksternal Unikarta yang telah mendukung peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ini.

Menurutnya, akreditasi ‘Baik Sekali’ menjadi nilai jual bagi masyarakat, khususnya di Kukar sendiri untuk berkuliah di Kampus Ungu. Mengingat terjadi banyak perubahan positif atas diperolehnya akreditasi ini.

“Jangan ragu kuliah di Unikarta,” seru pria yang dikenal ramah ini.

Di Kaltim, kata dia, kampus yang sudah memperoleh APT ‘Baik Sekali’ masih bisa dihitung dengan jari.

“Unikarta termasuk yang menurut hemat saya posisi tawarnya sangat baik untuk di Kaltim,” tandasnya.(Adv/top/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply