ngopi

Pekan Depan, Speedboat SOA Mahulu ke Hilir Mulai Berjalan

MAHULU, nomorsatukaltim.com – Pemkab Mahulu kembali menjalankan kebijakan subsidi ongkos angkut (SOA) khusus transportasi Sungai Mahakam. Menggunakan armada angkutan umum speedboat menuju dua kecamatan bagian hilir, yakni Laham dan Long Hubung. Kebijakan ini mulai berjalan pekan depan.

“Dari Unit Layanan Pengadaan (ULP) sudah klir. SOA itu berlaku bagi masyarakat Mahulu untuk dua kecamatan di bagian hilir. Termasuk ke Pelabuhan Gruti, Tering Baru, Kecamatan Tering, Kutai Barat,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Darat dan Sungai, Dinas Perhubungan Mahulu, Sudarno kepada Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Senin (24/5/2021).

Dia menjelaskan, SOA armada speedboat untuk dua kecamatan wilayah hilir Ibukota Mahulu, Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun itu akan dijalankan bagi masyarakat umum.

“Mengingat saat ini dermaga pelabuhan Gruti di Tering sedang dalam perbaikan (rehab). Sekitar 12-15 unit armada speedboat yang akan beroperasi ke wilayah hilir,” tuturnya.

Sudarno menambahkan, direncanakan apabila Dermaga Gruti sudah rampung dan sudah bisa digunakan, maka armada angkutan SOA tersebut segera beroperasi.

“Kerusakan dermaga Gruti karena diterjang banjir. Semoga secepatnya perbaikannya,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, unit armada speedboat SOA menuju dua kecamatan di hulu riam (Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari), sudah berjalan sejak 10 Mei lalu.

“Sebanyak 15 unit armada speedboat beroperasi ke dua kecamatan di hulu riam Mahakam hingga Desember mendatang,” ungkap Kadishub Mahulu, Toni Imang, kala itu.

SOA tersebut merupakan kebijakan Pemkab Mahulu membantu masyarakat dalam bepergian antarkampung dan kecamatan jadi lebih hemat, menggunakan moda transportasi di Sungai Mahakam. Perlu diketahui, Pemkab Mahulu rutin mengalokasikan anggaran SOA setiap tahun sebesar Rp 10 miliar.(imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply