alexa

Kukar Dapat Jatah 1.204 Formasi CASN, Tenaga Honorer Diharap Tidak Gaptek

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mempersiapkan prosesi pelaksanaan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Sebanyak 1.204 formasi yang dijatah untuk Kukar. Berdasarkan instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dijelaskan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono, untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk bagaimana cara untuk mempersiapkan dan mengakomodir tenaga honorer yang telah mengabdi sekian lama di Kukar. Terkhusus di bidang kesehatan dan pendidikan. Karena memang Pemkab Kukar dijatah untuk dua formasi tersebut.

Selain itu, persiapan bagaimana skenario pelaksanaan seleksinya. Seperti persiapan tempat pelaksanaannya, mekanisme cara mendaftarnya, hingga mobilisasi peserta yang akan mengikuti proses seleksi. Bahkan simulasi akan dilakukan sebelum hari pelaksanaan yang diperkirakan terjadwal di antara bulan Juli-September tahun ini.

Memastikan hal itu, pemkab bakal turut menggandeng unsur Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kukar. Dan tenaga kesehatan di lokasi pelaksanaan seleksi.

“Jadi kita sudah antisipasi pelaksanaan ini, untuk memastikan pelaksanaan tes ini sesuai dengan prokes agar tidak terjadi kerumunan dan menimbulkan klaster penularan,” terang Sunggono ditemui Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Senin (24/5/2021).

Baca Juga:  APBD Seret, Anggaran DPU Kukar Turun Drastis

Dari 1.204 formasi yang disiapkan. Sunggono memastikan sudah diatur terkait jabatan yang dicari, jumlah formasi masing-masing bidang pendidikan dan kesehatannya. Hingga penempatannya sudah diatur dalam instruksi Kemenpan-RB.

Terkait banyaknya tenaga honorer di Kukar. Pemkab mencoba memformulasikan bagaimana mengakomodir mereka. Dengan cara menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa meningkatkan kapasitasnya. Sehingga tidak gagap teknologi (gaptek) lagi ketika mengikuti tes seleksi.

“Kalau kebijakan pemkab agar bisa mengakomodir temen-temen yang sudah lama mengabdi itu, mudahan bisa lah. Tapi dipastikan yang benar-benar lolos seleksi yang dinyatakan lulus tahapan,” pungkas Sunggono.

Diketahui, Kukar memang menjadi salah satu daerah yang memiliki tenaga honorer yang melimpah. Mencapai ribuan jumlahnya yang tersebar di lingkungan Pemkab Kukar. Diharapkan dengan mengakomodir tenaga honorer, bisa mengurangi sekaligus meningkat statusnya menjadi ASN di Kukar. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply