alexa

Tunjang Zero Tolerance di Balikpapan, 3 Shuttle Bus Disediakan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Letak kantong parkir yang jauh disinyalir membuat pelanggaran parkir di zona zero tolerance, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, meningkat. Sementara pusat kantong parkir terbesar ada di gedung parkir Klandasan.

Oleh karenanya, Satlantas Polresta Balikpapan bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan menyediakan sejumlah unit shuttle bus yang dapat digunakan oleh masyarakat. Bus tersebut disokong oleh Pemkot Balikpapan melalui Dishub sebanyak dua unit, sementara Satlantas Polresta Balikpapan satu unit.

Shuttle bus ini berperan laiknya angkutan kota yang sudah ada di Balikpapan, namun hanya seputaran kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

“Nanti akan diberikan check point untuk berhenti sementara, menurunkan penumpang dan akan memutar di beberapa check point yang nanti akan ditentukan dari Dishub Balikpapan sendiri,” ujar Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono, Minggu (23/5/2021).

Sementara itu, Gedung Parkir Klandasan akan menjadi titik kumpul (muster point yang hendak menggunakan jasa shuttle bus dan parkirnya. Sehingga dengan demikian akan meminimalisasi pelanggaran parkir di kawasan zero tolerance.

“Jadi bus ini akan standby di gedung parkir Klandasan. Dan di gedung parkir itu juga sebagai titik naik penumpangnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Kecelakaan Maut di KM 18, Pengendara Motor Tewas di Tempat, Penabrak Kabur

Disinggung realisasi, Irawan menjelaskan akan diusahakan secepatnya. Khususnya pasca lebaran ini agar bisa digunakan masyarakat.

“Paling setelah lebaran ini kita akan maksimalkan untuk meningkatkan wisata, namun tetap pertahankan prokes (protokol kesehatan)-nya. Kita nanti akan melihat situasi di lapangan,” tambah Irawan.

Diharapkan dengan adanya unit shuttle bus ini, masyarakat akan tertib berlalu lintas, khususnya di sepanjang Jalan Jendral Sudirman.

“Jadi rasa malas atau jarak jauh itu dengan kita sediakan bus ini bisa tertib. Tidak ada lagi pelanggaran disana,” tutup Irawan. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply