alexa

Hujan Deras, 1 Rumah di Manggar Longsor

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Hujan deras yang terjadi pada Minggu (23/5/2021) pukul 05.00 Wita, menyebabkan kawasan Kelurahan Manggar tergenang air. Bahkan aliran air di sungai kawasan RT 68 meluap keluar. Dampaknya, sebuah rumah mengalami longsor pada bagian pondasi serta retak pada halaman depan serta dapur rumah.

Rumah milik Sumardi (43) mengalami longsor dan beberapa titik mengalami retak akibat hujan dengan intensitas tinggi ini, sekitar pukul 08.30 Wita.

“Saya pas pagi tadi sudah lihat ada tanah yang terkikis. Airnya tinggi,” ujar Sumardi.

Diakui Sumardi, sebelumnya tanda-tanda akan terjadinya longsor sudah ada. Hal ini lantaran volume air di sungai persis di samping rumahnya ini selalu tinggi ketika hujan turun. Namun dirinya tidak menyangka hujan pada Minggu dini hari tadi justru menyapu sebagian tanah pondasinya.

“Pas sudah dikerok air tambah banyak. Jadi cepat juga terbawa tanah pondasi ini,” jelasnya.

Lanjut Sumardi, saat kejadian ia langsung membawa keluar anak dan istrinya. Hal itu dilakukan agar tidak ada korban jiwa.

Baca Juga:  Nasib Suram Lapangan Tembak Manggar

“Takut juga, soalnya teras itu sudah pecah-pecah. Tiang dapur juga sudah retak. Jadi saya kasih keluar anak dan istri,” tambahnya.

Ia pun langsung melapor ke Ketua RT setempat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah Kota Balikpapan. Saat ini, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan sudah melakukan evakuasi barang-barang berharga serta menutup titik longsor dengan terpal, agar tanah tidak terbawa saat hujan susulan terjadi.

“Sementara ini masih diidentifikasi dulu oleh teman-teman lapangan. Yang pasti jika berbahaya, pemilik rumah kita evakuasi ke rumah saudaranya dulu. Titik longsor ditutup dengan terpal,” ujar Kepala BPBD Balikpapan, Suseno.

Sumardi beserta istri dan anaknya pun untuk sementara waktu akan tinggal di rumah saudaranya yang tak jauh dari rumahnya tersebut, sambil memperbaiki siring rumahnya.

“Tinggal sama keluarga aja dulu di belakang. Sambil kita perbaiki ini,” tutupnya. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply