Wawali Bontang Harap Percepatan Pembangunan SPAM Regional Marangkayu

BONTANG, nomorsatukaltim.com – Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM Regional Marangkayu yang akan menyuplai air bersih ke Kukar dan Bontang masih butuh waktu. Namun Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang Najirah berharap ada percepatan untuk mengantisipasi sumber air bawah tanah yang terancam krisis.

Hal itu disampaikan saat menghadiri Rapat Pembangunan SPAM Regional Marangkayu Kota Bontang-Kabupaten Kutai Kartanegara dan Pembahasan Draft Nota Kesepahaman antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemprov Kaltim, Pemkab Kutai Kartanegara serta Pemkot Bontang. Rapat digelar Kamis (20/5/2021) di Ruang Rapat Tepian II Lantai 2 Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Meski pembangunan masih lama, Najirah mengapresiasi rencana pembangunan SPAM Regional Marangkayu tersebut sebagai salah satu sumber air baku bagi masyarakat Bontang. Pasalnya, Bontang akan menghadapi krisis air bersih mengingat sumber air baku bawah tanah yang akan semakin habis.

“Jika melihat hasil diskusi hari ini (kemarin, Red.) memang SPAM Regional Marangkayu ini masih lama. Tapi kami mengharapkan percepatan,” harap Najirah dalam rilis yang dikeluarkan Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemkot Bontang.

Najirah berharap, percepatan SPAM Regional Marangkayu ini bisa memenuhi kebutuhan pelayanan air bersih bagi masyarakat Bontang.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim HM Sa’bani menyampaikan, akan ada proses selanjutnya terkait penanganan terhadap area genangan. Ini jadi perhatian pihaknya karena belum pembebasan lahan.

“Harapan waduk dapat menghasilkan air minimal 450 liter per detik, yakni 250 liter untuk Marangkayu, dan 200 liter per detik untuk Bontang, untuk membantu Bontang yang kekurangan sumber air bawah tanah,” terang Sa’bani.

Dalam rapat tersebut, Gubernur Provinsi Kaltim Isran Noor diwakili oleh Sekda Provinsi Kaltim H.M Sa’bani, Pemkab Kukar, Sekda Kota Bontang Aji Erlynawati, Asisten II Setda Bontang Zulkifli, dan Kepala Bapelitbang Bontang, serta Direktur Perumda Air Minum Tirta Taman Bontang. (zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply