alexa

Hari ini Aksi Solidaritas Palestina Berlangsung di Balikpapan – Samarinda

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Ribuan warga Kalimantan Timur direncanakan menggelar aksi solidaritas Palestina, Jumat (21/5/2021). Di Balikpapan, warga yang tergabung dalam SOLIMBA akan melakukan konvoi dari Café Garis Temu Jalan MT Haryono dalam, menuju Masjid Agung At-Taqwa.

Rekomendasi kegiatan aksi solidaritas palestina ini sudah diberikan Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan dengan ketentuan mematuhi protokol kesehatan.

Satgas membatasi kegiatan maksimal 5 jam, dan mewajibkan peserta aksi solidaritas palestina melakukan peregangan setiap 2 jam kegiatan. “Memastikan ada tim yang bertanggung jawab melakukan monitor protokol kesehatan selama pelaksanaan kegiatan,” tulis Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan, Rizal Effendi.

Pimpinan aksi solidaritas Palestina, Abdul Rais mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan bertujuan menggugah kesadaran masyarakat atas kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina.

“Konstitusi kita menyatakan bahwa kemerdekaan merupakan hak segala bangsa dan oleh sebab itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Apa yang menimpa Palestina hari ini, mengingatkan kita akan perjuangan Indonesia di masa lalu,” katanya.

Selain itu, Rais juga mengingatkan bahwa bangsa Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia setelah berhasil memerdekakan diri dari penjajahan.

Baca Juga:  Wali Kota Balikpapan Mengutuk Serangan Israel ke Palestina

Di Kota Samarinda, aksi solidaritas palestinas dilakukan berbagai organisasi. Kegiatan itu akan dipusatkan di dua lokasi, yakni Masjid Al Ma’ruf dan Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center.

Berdasarkan undangan yang disebar panitia, aksi solidaritas Palestina pertama akan digelar sehabis salat Jumat dari Islamic Center menuju Taman Samarendah.

Sedangkan kelompok kedua dilakukan dari Masjid Al Ma’ruf menuju simpang empat Mal Lembuswana. Dalam kegiatan ini panitia akan melakukan aksi penggalangan dana untuk korban serangan Israel, doa Bersama, orasi, dan teatrikal. (*)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply