alexa

Rp 18,5 M untuk Peningkatan Jalan Poros Antarkecamatan Batu Engau – Tanjung Harapan

Paser, nomorsatukaltim.com – Buruknya kualitas jalan kerap dikeluhkan oleh masyarakat. Baik pejalan kaki maupun pengendara. Salah satunya jalan poros antarkecamatan di Kabupaten Paser. Yakni, Kecamatan Batu Engau – Kecamatan Tanjung Harapan.

Dari pantauan awak media ini, saat melintasi jalan poros itu, belum semua diaspal. Melainkan ada sebagian lainnya, masih telford atau perkerasan jalan, dan rigid.

Dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser, Hasanuddin Meradje,  ruas poros antarkecamatan itu sepanjang 95 kilometer.

“Ya untuk peningkatan jalan itu dengan dana Rp 18,5 miliar. Ada pengaspalan, telford dan rigid,” kata Hasanuddin, Jumat (21/5/2021).

Saat ini juga, tengah dilakukan pengaspalan di jalan poros itu. Tepatnya di Desa Pengguren Jaya, Kecamatan Batu Engau. Pengerjaan dengan panjang 1,5 kilometer itu, telah berjalan sekira 3 bulan. Ditargetkan, 20 hari ke depan telah rampung.

“Itu anggarannya Rp 3,5 miliar. Dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Kemendes (Kementerian Desa),” sambungnya.

Poros sepanjang 95 kilometer itu, dituturkan Hasan, peningkatan secara keseluruhan itu anggarannya berasal dari tiga sumber. Yakni DAK Kemendes Republik Indonesia sebesar Rp 3,5 miliar, Pemprov Kaltim, dan APBD Kabupaten Paser.

Baca Juga:  Perbaikan Jalan Poros Segera Dimulai, Ratusan Miliar Demi Menambal Jalan

“Yang Rp 10 miliar, saat ini proses lelang di provinsi, Rp 5 miliar perencanaan di kabupaten, dan Rp 3,5 miliar sudah mendahului (lelang) pada Desember 2020 lalu. Makanya sudah jalan (pengaspalan),” terangnya.

Sembari dilakukan pengerjaan peningkatan secara bertahap, dikatakannya saat ini juga terdapat dua unit alat berat yang diturunkan. Untuk melakukan pemeliharaan rutin.

“Itu untuk tanggap darurat. Pemeliharaan rutin selalu berjalan. Kami ada taruh dua unit alat berat (jenis Bomag dan Grader, Red) di jalan poros. Saat ini posisinya di Desa Mengkudu (Batu Engau), pelan-pelan nantinya menuju Desa Tanjung Aru (Kecamatan Tanjung Harapan),” pungkas Hasan. (asa/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply