alexa

Aksi Solidaritas Palestina di Balikpapan Dapat Izin Pemerintah

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Rencana aksi solidaritas Palestina dan long march yang dilakukan oleh umat Muslim Balikpapan mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Kota Balikpapan. Aksi tersebut akan digelar pada Jumat  (21/5/2021) sekitar pukul 10.00 Wita hingga usai salat Jumat.

Selain itu juga, surat rekomendasi giat aksi juga telah dikeluarkan oleh tim Satuan Tugas COVID-19  Balikpapan, dengan nomor 440/1830/Sekrt. Meski demikian, aksi Solidaritas Palestina ini bukan berarti tanpa persyaratan.

Aksi yang akan diikuti oleh lebih kurang 200 massa ini harus memenuhi sejumlah persyaratan agar saat aksi tidak dibubarkan oleh tim Satuan Tugas COVID-19. Dalam surat keterangan yang telah ditandatangani oleh Wali Kota Balikpapan sekaligus Ketua Satuan Tugas COVID-19 Kota Balikpapan, Rizal Effendi menyebutkan kegiatan tersebut hanya boleh dilakukan maksimal 5 jam.

Selain itu, massa diwajibkan melakukan peregangan setiap 2 jam kegiatan. Dan terpenting sebelum aksi dimulai, harus melaporkan kegiatan tersebut kepada Satgas COVID-19 kecamatan dan Polsek setempat.

Di dalam surat rekomendasi pelaksanaan kegiatan Aksi Solidaritas Palestina ini, juga tertuang syarat yang harus dilakukan oleh massa saat berada di tempat kegiatan aksi. Mereka diminta untuk memastikan ada tim yang bertanggungjawab melakukan monitor protokol kesehatan selama kegiatan.

Baca Juga:  Staf Khusus Kementerian BUMN Resmikan PCR di Balikpapan

“Nanti tim itu memantau secara ketat di lapangan. Dan hasil akhir dilaporkan kepada Dinas Kesehatan,” ujar Rizal.

Lanjut Rizal, massa pun diminta untuk mengatur ruang kegiatan maksimal 50 persen dari kapasitas semestinya. Dan massa pun diminta tidak sembarangan membuang sampah.

“Peserta dan panitia wajib disiplin protokol kesehatan. Pakai masker selama kegiatan, cuci tangan atau hand sanitizer serta jaga jarak,” jelasnya.

Jika dalam kegiatan tersebut panitia atau massa ada yang melanggar protokol kesehatan, Satgas COVID-19 Balikpapan tak akan segan-segan membubarkan aksi.

“Rekomendasi ini dapat sewaktu-waktu dibatalkan atau aksi dapat dibubarkan jika ada pelanggaran,” tutup Rizal.

Seperti diketahui, aksi damai solidaritas Palestina akan dilaksanakan sejak Jumat pagi yang bertitik kumpul di kawasan Balikpapan Selatan atau BJBJ. Massa akan melakukan long march melewati Jalan Jendral Sudirman dan berkumpul di Masjid Attaqwa Balikpapan untuk melaksanakan salat Jumat. Usai salat, massa pun akan melakukan orasi di depan Pemkot Balikpapan. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply