alexa

Cegah Lonjakan COVID-19, 2 Ribu Alat Rapid Test Antigen Disediakan di Terminal Sangatta

Kutim, nomorsatukaltim.com- Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Timur (Kutim) menyiapkan sebanyak 2 ribu alat rapid test Antigen di terminal Sangatta Selatan, yang menjadi pintu gerbang masuknya para pendatang ke Sangatta.

Untuk mencegah lonjakan penyebaran virus COVID-19 dari arus balik. Pemerintah terus melakukan pengetatan, salah satunya yang akan masuk ke Sanggata melalui pintu gerbang terminal maka akan disediakan rapid test antigen.

Kepala Diskes Kutim Bahrani Hasanal mengatakan, pihaknya mendukung pengetatan mobilisasi masyarakat dengan menyediakan rapid test antigen secara gratis.

“Masyarakat yang dari luar daerah telah disediakan secara gratis untuk rapid antigen, kuotanya ada 2 ribu alat tes antigen,” jelas Bahrani, Jumat (21/5/2021).

Penyediaan alat tes ini dimaksudkan untuk menyeleksi masyarakat yang memiliki potensi menyebarkan COVID-19 ketika masuk ke Kutai Timur. Apabila saat pemeriksaan menggunakan rapid test antigen hasilnya menunjukkan reaktif, maka harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan tes polymerase chain reaction (PCR).

PCR sendiri memiliki hasil yang lebih akurat, sehingga warga yang didapati positif atau reaktif saat PCR, maka akan dirujuk ke rumah karantina atau rumah sakit rujukan COVID-19.

Baca Juga:  Larangan Mudik, Lion Air Group Setop Penerbangan Reguler

“Kalau positif, ya sesuai SOP (standar operasional prosedur) harus dikarantina atau kami rujuk ke rumah sakit,” paparnya.

Upaya pengetatan mobilisasi masyarakat di Kutai Timur bertujuan untuk mengendalikan lonjakan penularan pasca libur lebaran beberapa waktu lalu.

“sampai saat ini belum ada lonjakan penularan COVID-19 yang signifikan di Kabupaten Kutai Timur untuk itu jangan sampai lengah,” tutupnya. (bct/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply