ngopi

Kalau Perbaikan Lancar, Agustus Tol Balsam Beroperasi Seluruhnya

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pengoperasian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Tol Balsam) secara menyeluruh ditarget Agustus tahun ini. Penyelesaian pembangunan dikatakan hanya menyisakan perbaikan di beberapa titik ruas seksi I dan seksi V yang mengalami kerusakan. Sebelumnya, penyelesaian jalan berbayar pertama di Kalimantan ini telah berkali-kali molor dari target.

Optimisme kali ini diutarakan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Muhammad Sa’bani. Setelah ia menerima ekspose laporan hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kaltim terhadap pembangunan di seksi I Jalan Tol Balsam.

Sa’bani menerangkan, pada dasarnya audit menemukan kerusakan di beberapa titik pembangunan ruas seksi I, yang ditangani Pemprov Kaltim. “Jadi, intinya ada beberapa titik yang harus segera diperbaiki kalau ingin Tol Balsam Agustus dioperasionalkan,” kata dia diwawancara nomorsatukaltim.com Rabu, (19/5/2021).

Lebih lanjut dijelaskan, sehubungan dengan adanya rencana percepatan pengoperasian Tol Balsam secara penuh, maka penyelesaian perbaikan di beberapa titik itu akan dilimpahkan ke pemerintah pusat.

Mekanismenya, Pemprov melimpahkan terlebih dahulu kepada Kementerian PUPR. Lalu Kementerian menugaskan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di bawah Ditjen Bina Marga untuk merealisasikan penyelesaian tersebut.

“Nanti akan dikomunikasikan lebih lanjut sesuai dengan kesepakatan antara gubernur dengan Menteri PUPR,” jelasnya. Ia merinci, yang dimaksud kerusakan di beberapa titik ialah ruas jalan yang sebelumnya telah dibangun mengalami pergeseran tanah, ambles dan longsor. Sehingga menyebabkan kerusakan konstruksi.

Adapun permasalahan pembebasan lahan yang sebelumnya juga membekap pembangunan Jalan Tol Balsam, bukan lagi menjadi hambatan.

“Kalau pembebasan tanah relatif sudah aman saja. Kan ada yang sudah dikonsinyasi. Dulu tinggal menunggu perubahan fungsi lahan dari Kementerian LHK. Dan itu sudah disetujui KLHK,” ujarnya.

Kendala yang sama juga terjadi pada pembangunan di seksi V, yakni ada beberapa perbaikan kerusakan karena kondisi lahan yang belum stabil. Yang juga ditarget selesai sebelum Agustus.

“Jadi harapannya kalau lancar, tidak ada kendala secara teknis maupun hal hal lain.
Agustus dari Balikpapan-Samarinda sudah beroperasi,” pungkas Sa’bani. (das)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply