alexa

Banjir di Kubar Mulai Meluas, BPBD Sebut Baru 1 Kecamatan yang Lapor

Kubar, nomorsatukaltim.com – Banjir akibat meluapnya Sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Barat, semakin meluas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kubar menyebut, kondisi cuaca ekstrem tengah menghantui sejumlah kawasan pesisir Mahakam, bahaya terkena musibah banjir.

Banjir sudah menjangkau Kecamatan Long Iram. Sekarang baru Kampung Long Daliq yang melaporkan banjir di ketinggian 30 sampai 40 centimeter,” kata Kamius Junaidi selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kubar, Kamis (20/5/2021).

Diketahui sebelumnya, banjir menerjang sebagian rumah di Kampung Muara Asa Kecamatan Barong Tongkok. Meski demikian, menurut Kamius, kalangan warga belum merisaukan banjir.

“Belum ada warga yang mengungsi misalnya ke perbukitan dengan mendirikan tenda. Belum ada laporan warga yang sakit atau kekurangan makanan,” katanya.

“Sejauh ini baru 1 kecamatan yang melaporkan daerahnya terkena banjir. Mengenai postingan beredar di medsos akan kita koordinasikan kembali dengan pihak kecamatannya masing-masing,” terang Kamius, lewat telepon selulernya.

Pemerintah, lanjut dia, tetap mengimbau warga agar kian waspada dan segera mengungsi ketika banjir bertambah parah. Tim pencari dan penyelamat (SAR) masih disiagakan di setiap kecamatan.

Baca Juga:  Kubar Persiapan Menuju PPKM Mikro

“Kita juga tengah menggodok edaran terkait banjir. Prediksi BMKG memang sepekan ini akan terjadi curah hujan cukup tinggi di Kaltim. Jadi tidak hanya Kubar, bahkan semua daerah,” tandas Kamius. (luk/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply