alexa

Curah Hujan Tinggi, Camat Long Bagun Imbau Warga Waspada Banjir

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Kondisi debit air Sungai Mahakam di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) saat ini mulai meluap dan naik. Dikhawatirkan sejumlah kampung di Kecamatan Long Bagun, Laham, dan Long Hubung akan direndam banjir dalam beberapa hari ke depan.

Camat Long Bagun, Yason Liah mengimbau seluruh warga yang berada di kampung dalam wilayah Kecamatan Long Bagun untuk waspada.

“Perlu diwaspadai, karena curah hujan cukup tinggi dari Selasa (malam) hingga Rabu pagi. Cuaca seharian ini mendung,” terangnya kepada Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Rabu (19/5/2021).

Memang kata Yason Liah, saat ini debit air Sungai Mahakam masih berada beberapa meter dari bibir tepi Mahakam di Ibukota Mahulu, Ujoh Bilang. Namun kata dia, perlu waspada. Karena dari info yang tidak resmi diterimaya, debit air di anak Sungai Mahakam, yakni Sungai Boh mengalami peningkatan debit signifikan sejak Rabu pagi.

“Debit Sungai Boh selama ini biasanya sangat berpengaruh terhadap fluktuasi permukaan air Sungai Mahakam di Wilayah Kecamatan Long Bagun,” bebernya.

Baca Juga:  Ditemukan Mengambang di Sungai Mahakam, Jasad Gusti Langsung Diautopsi

“Saya mengimbau seluruh warga dalam Kecamatan Long Bagun untuk waspada. Jika memang terjadi banjir, aparatur kampung segera menginformasikan ke kecamatan,” tandas Yason Liah.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kecamatan Long Apari, Iptu Ruwadiantono mengatakan, debit air Sungai Mahakam di wilayah Long Apari hingga Rabu sekitar pukul 17.40 Wita sore mengalami kenaikan.

banjir2

Dari atas Jembatan Gantung yang membelah Sungai Mahakam di Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Mahulu, Kapolsek Iptu Ruwadiantono memantau langsung kondisi debit air Sungai Mahakam, Rabu 19 Mei 2021. (Polsek Long Apari)

“Curah hujan tinggi. Sejak Selasa (18/5/2021) pukul 22.00 Wita malam, hujan terus-menerus sampai Rabu (19/5/2021) pagi. Sore ini debit air Sungai Mahakam di Long Apari naik sekitar 2 meter,” tuturnya di ujung telepon kepada media ini.

Iptu Ruwadiantono yang Rabu sore memantau langsung di Dermaga Kampung Tiong Ohang, menggambarkan debit air Sungai Mahakam di Ibukota Kecamatan Long Apari itu perlu diwaspadai.

“Harus waspada, karena curah hujan tinggi. Hingga Rabu sore. Di dermaga Pelabuhan Tiong Ohang, debit air Sungai Mahakam dari bibir tepi atas masih sekitar 4 meter ke bawah,” pungkasnya. (imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply