alexa
ngopi

Antisipasi Ancaman Banjir Samarinda, BPBD Siapkan Puluhan Perahu

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Soal prediksi banjir Samarinda,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menyatakan masih perlu mempelajari kemungkinan itu. Otoritas mempelajari bebagai data dan kajian berbagai instansi. Prediksi banjir di Samarinda dalam sepekan ke depan merujuk analisis cuaca yang terjadi di beberapa daerah di Kaltim.

Prediksi banjir di Samarinda, sebelumnya disampaikan pemerhati lingkungan, Krisdiyanto. Berdasarkan analisis cuaca, pasang surut air laut, dan peningkatan tinggi permukaan air Sungai Mahakam di wilayah hulu.

“Akan kami pelajari dulu, dan mencocokkan dengan prediksi peringatan dini dari BMKG,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Ifran.

Ifran mengatakan, dalam kondisi ini, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan telaah data-data terbaru. Hasil pengamatan lapangan dan prediksi cuaca. Bila terjadi, atau ada tanda-tanda ke arah bencana.

Namun demikian, ia mengklaim, sebagai bentuk kesiapsiagaan, BPBD telah memarkir sedikitnya 24 unit perahu. Yang terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari perahu berbahan fiber sebanyak 14 unit. Empat perahu berbahan polytelin. Sebanyak empat perahu rubber boat dan dua perahu liat lengkap dengan mesin, dayung dan 40 life jacket.

Baca Juga:  Warga Samarinda Diminta Berdamai dengan Banjir

“Peralatan kami sudah siapkan,” ujarnya, Rabu (19/5/2021).

Lebih lanjut ia menerangkan, apabila hasil telaah kajian menemukan dugaan kuat yang mengarah ke potensi terjadinya banjir. BPBD disebut akan memberi peringatan dini kepada masyarakat.

“Ya, betul akan kita berikan peringatan dini,” singkat Ifran.

Berdasarkan pantauan, hujan lebat mulai mengguyur wilayah Samarinda sejak pukul 14.20 Wita, Rabu (19/5/2021).

Menurut prakiraan cuaca Kalimantan Timur, yang dirilis situs resmi BMKG melalui Stasiun Metereologi (Stamet) Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan-Balikpapan. Potensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat. Pada pukul 14.50 di wilayah Sepaku-PPU, Bongan-Kubar, Loa Kulu, Muara Muntai-Kukar, Bontang Selatan dan Bontang Utara. Kemudian di wilayah Kelai, Talisayan, Sembaliung, Gunung Tabur, Pulau Derawan di wilayah Berau.

Hujan sedang hingga lebat juga diprediksi dapat meluas ke wilayah Muara Badak, Samarinda Ilir, Samarinda Ulu, Tenggarong, Sebulu, Segah, Tanjung Redep, Muara Wahau, Muara Ancalong, Muara Bangkal, dan sekitarnya.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.30,” menurut prakirawan BMKG Stamet Kelas I SAMS Sepinggan, Balikpapan dalam rilis resmi. (das)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply