alexa

Diskes Balikpapan Kembalikan 3.200 Dosis Vaksin Astrazeneca

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sebanyak 320 vial atau setara 3.200 dosis vaksin Astrazeneca ditarik dari peredaran untuk dikaji ulang. Lantaran, vaksin berkode produksi Batch CTMAV547 tersebut diduga berefek samping.

“Hanya yang berkode produksitba 574. Ini sedang dalam penelitian ulang, dikaji ulang, terkait dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Ia enggan menjelaskan lebih jauh efek apa yang bisa ditemukan dalam proses KIPI. Menurutnya, hal itu masih dikaji lebih jauh. Pihaknya juga masih menunggu hasil pengkajian tersebut.

“Tidak disampaikan karena masih pengkajian, belum tentu juga KIPI. Jadi selama proses pengkajian biasanya ditarik dulu selama dua minggu. Kalau aman, maka akan dikembalikan karena memang sudah dialokasikan,” katanya.

Dokter Dio, sapaanya, memastikan sejumlah vaksin berkode produksi 547, belum digunakan dalam proses vaksinasi. Ia membantah jika proses vaksinasi yang berjalan normal kembali sejak Sabtu (15/5/2021) di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, menggunakan vaksin dengan kode produksi yang dimaksud.

“Itu (vaksinasi) aman. Kan beda kode produksinya,” tukasnya. (ryn)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply