Sebelum dan Sesudah Lebaran, Dinkes Kukar Catat Penambahan Kasus COVID-19

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pasca libur Idulfitri 1442 Hijriah, perkembangan kasus COVID-19 di Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami peningkatan. Meskipun tidak begitu signifikan. Hal ini semakin dikuatkan, oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti.

Ditambah dengan data dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 di Kukar yang mencatat sejak 11-16 Mei 2021. Adanya penambahan sebanyak 62 kasus yang terkonfirmasi positif, kesembuhan mencapai 28 orang, dan jumlah pasien yang meninggal tercatat 2 orang.

“Meningkat sedikit, sebelum dan sesudah lebaran,” ujar Martina dikonfirmasi Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Senin (17/5/2021).

Disinggung terkait larangan mudik, dengan mendirikan pos penyekatan di titik di wilayah Kukar cukup  berpengaruh. Namun jika dilakukan konsisten dan sungguh-sungguh, tentu berpengaruh besar dengan perkembangan kasus di Kukar.

“Saat ini yang paling penting (sungguh-sungguh) terapkan prokes (protokol kesehatan),” lanjut wanita berjilbab tersebut.

Martina pun menjelaskan, masyarakat harus fokus dan mewaspadai orang-orang sekitar yang kembali dari aktivitas mudik. Apalagi diketahui bersama, ada saja masyarakat yang mudik ketika pemberlakuan pembatasan dan penyekatan diberlakukan.

“Itu yang paling penting, mewaspadai orang yang pulang dari mudik,” pungkas Martina. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply