ngopi

Rutan Samarinda Perbolehkan Warga Binaan Silaturahmi Via Online

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Meski perayaan hari raya Idulfitri 1422 Hijriah tahun ini masih belum terlepas dari pandemi COVID-19. Namun dipastikan silaturahmi masih bisa dilakukan. Terutama bagi mereka yang berstatus warga binaan.

Seperti halnya di Rutan Klas IIA Samarinda, Jalan Wahid Hasyim II, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara. Pihaknya tetap memperbolehkan warga binaan untuk bersilaturahmi dengan keluarganya. Meski tidak dapat bertatap muka secara langsung.

“Meski tidak ada kunjungan tatap muka, tapi tahun ini Dirjen Pemasyarakatan memperbolehkan silaturrahmi atau besukan daring (online). Dan kami memang menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung pelayanan ini,” jelas Kepala Rutan (Karutan) Klas IIA Samarinda, Alanta Imanuel Ketaren, Minggu (16/5/2021).

Untuk alat komunikasi. Pihak Rutan menyediakan ponsel pintar, di ruang khusus kunjungan online. Lengkap beserta alat pendukung lainnya.

“Ini disiapkan untuk bisa tetap bersilaturahmi, apalagi yang jauh dari Samarinda. Ada lima ponsel yang kami siapkan,” sebutnya.

Lebih jauh, pelayanan besuk daring ini diagendakan selama sepekan sejak hari raya Idulfitri pertama. Para warga binaan nantinya akan mendapatkan jatah bergantian dan tentunya didampingi oleh petugas yang berjaga.

“Jadi skemanya ada dua sif. Pukul 09.00 Wita sampai 11.30 Wita, dilanjutkan pukul 14.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita,” bebernya.

Meski tak diberlakukan besuk tatap muka, namun lanjut Alanta, pihak keluarga tetap diperbolehkan memberi titipan barang. Semisal makanan dan kue ringan khas lebaran. Kendati demikian, titipan barang ini tak luput dari proses ketat terkait protokol kesehatan.

“Sudah berjalan sejak Ramadan (penitipan barang, red.), personel dari Polsek Sungai Pinang juga kami minta untuk untuk mem-backup pemberlakuan barang titipan. Jadi diperiksa secara detail (mencegah barang terlarang masuk),” pungkasnya. (aaa/byu)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply