alexa

Mahulu Tutup Total, Pemkab akan Evaluasi setelah 17 Mei

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) masih terus mengetatkan pintu masuk wilayah itu terhadap pelaku perjalanan. Tak terkecuali terhadap warga Mahulu yang akan keluar daerah, maupun warga pendatang yang akan masuk ke Mahulu.

“Dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, kondisi paparan COVID-19 bisa teratasi. Mahulu masih mempertahankan zona kuning,” terang Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso kepada Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Minggu (16/5/2021).

Diungkapkannya, pemberlakuan tutup total pintu masuk Mahulu sejak 6-17 Mei 2021, sejalan dengan pelarangan mudik lebaran Idulfitri dari Presiden, serta edaran Gubernur Kaltim dan instruksi Bupati Mahulu.

“Penutupan total yaitu dari tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Diharapkan bisa mengembalikan Mahulu ke zona hijau,” urainya.

Teguh Santoso menambahkan, hingga saat ini belum ada penambahan berarti paparan COVID-19 di Mahulu. Pemerintah terus mengimbau agar masyarakat menguatkan protokol kesehatan dengan 3M. Yakni memakai masker di manapun berada, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, serta menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Baca Juga:  Lusa, 20 Anggota DPRD Mahulu Reses di 3 Dapil

“Dengan penutupan total, maka setelah 17 Mei akan ditinjau sejauh mana efektifnya. Berharap dengan kegiatan itu Mahulu menjadi zero (nol) COVID-19,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Mahulu, Toni Imang mengungkapkan, sejumlah Pos Pengawasan dan Pengendalian (Poswasdal) pintu masuk Mahulu Kampung Mamahak Teboq, Kecamatan Long Hubung dan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun selama 6-17 Mei dalam pengawasan ketat terhadap pelaku perjalanan.

“Kondisi Poswasdal darat di KM 12 Mamahak Teboq dan Sungai Mahakam tetap disiagakan 24 jam,” jelas Toni Imang melalui Kabid Transportasi Darat dan Sungai Dishub Mahulu, Sudarno.

Dia menambahkan, petugas gabungan Polres Kubar, TNI, Dishub, Satpol PP dan tenaga kesehatan, terus giat dalam penjagaan di Poswasdal pintu masuk Mahulu.

“Sekarang (Minggu 16 Mei, Red.) masih masa tutup total. Tidak ada orang yang hilir atau mudik di wilayah Kabupaten Mahulu. Itu sesuai Instruksi Bupati Mahulu Nomor 4 tahun 2021,” tutup Sudarno.(imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply