alexa

SIM Mati saat Lebaran? Tenang! Ada Dispensasi dari Satlantas Polresta Balikpapan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Menjelang perayaan lebaran 2021, Satlantas Polresta Balikpapan tak lagi melayani pengurusan SIM, baik permohonan baru maupun perpanjangan.

Hal tersebut merujuk Surat Telegram Nomor 959 Tahun 2021 tentang penutupan pelayanan publik selama hari raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“Di mana layananan pengurusan SIM ditutup sementara tanggal 12 sampai 16 Mei 2021,” ujar Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono, Sabtu (15/5/2021).

Oleh karena itu, pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal tersebut akan diberikan toleransi pasca lebaran selama 3 hari. Toleransi perpanjangan SIM itu akan diberikan pada 17-19 Mei 2021.

“Adapun untuk mengantisipasi lonjakan ketika nantinya pelayanan buka kembali, kita akan batasi dengan pelayanan yang mengutamakan pemilik SIM yang habis masa berlakunya tanggal 12 hingga 16 Mei terlebih dahulu,” jelasnya.

Hal itu demi membatasi kerumunan setelah layanan dibuka kembali pasca lebaran. Pasalnya, tak menutup kemungkinan potensi pemohon perpanjangan SIM yang akan membeludak saat pelayanan Satpas Polresta Balikpapan dibuka kembali.

Baca Juga:  Jam Malam di Pergantian Tahun

“Di hari pertama kita batasi per jamnya hanya 50 orang untuk dilayani. Sehingga bisa mengurangi kepadatan pemohon di area Satpas,” tambah Irawan.

Ini berbeda dengan yang masa berlaku SIM habis pada 17-19 Mei 2021. Irawan menjelaskan, khusus SIM yang mati di masa toleransi, tetap sama dengan pengurusan SIM pada umumnya.

Semisal, jika habis masa berlakunya pada 17 Mei, maka maksimal dilakukan pengajuan perpanjangan pada 18 Mei atau ada toleransi maksimal satu hari.

Jika melewati hari tersebut, maka akan tetap dibebankan pengurusan dari awal sebagaimana permohonan pengurus SIM baru.

Lebih lanjut, di samping pembatasan 50 orang pemohon per jam, Satlantas Polresta Balikpapan memaksimalkan unit kendaraan SIM keliling di sejumlah titik di Balikpapan.

“Kita juga akan meningkatkan SIM keliling untuk memecah kerumunan guna mencegah lonjakan pasca lebaran ini,” tutupnya. (bom/qn)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply