alexa

Hari Kedua Idulfitri, Tempat Wisata di Balikpapan Sepi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Penutupan sementara tempat wisata di Balikpapan berjalan efektif. Terpantau, tidak ada aktivitas di Pantai Segara Sari Manggar. Begitu juga di Pantai Lamaru, Balikpapan Timur, Jumat (14/5/2021).

Arus lalu lintas dari arah kota menuju Samboja, Kutai Kartanegara, maupun sebaliknya, juga terpantau lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan di sepanjang jalan Mulawarman.

Padahal biasanya, tempat-tempat wisata yang menawarkan keindahan pantai tersebut, mampu menarik ribuan pengunjung, baik warga Kota Minyak maupun warga dari kabupaten/kota tetangga. Di tambah lagi, kehadiran Pantai Nirmala di Lamaru serta tempat Penangkaran Buaya di Teritip, menjadi destinasi rekreasi menarik selama masa libur panjang. Puncak keramaian biasanya terjadi di hari kedua dan ketiga, Idulfitri.

Sekretaris UPT Pantai Segara Sari Manggar Muhammad Ishak menyebut pihaknya menutup gerbang masuk pantai sejak adanya Surat Edaran (SE) Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, terkait jadwal operasional tempat-tempat wisata. Praktis, sejak Hari Raya Idulfitri, 13 Mei sampai Minggu (16/5/2021) nanti, dipastikan bahwa pantai di pesisir timur itu lengang.

“Ini tahun kedua kita tutup. Tahun lalu suasananya sama. Sepi,” ujarnya, saat dihubungi.

Baca Juga:  Anggaran Pengendalian Banjir Balikpapan Terancam Dipangkas

Ia mengakui pihak UPT mendapat keluhan dari warga sekitar maupun dari para pelaku usaha. Lantaran sudah dua tahun momen lebaran dilewati begitu saja. Padahal momen itu dapat meningkatkan perekonomian mereka.

“Ada keluhan. Tapi kita lebih mengedepankan kesehatan. Jadi Insyaallah, Senin (17/5/2021) sudah normal lagi,” terangnya.

Satgas COVID-19 Balikpapan menerbitkan perubahan SE Wali Kota Balikpapan. Isinya tentang penutupan sementara tempat-tempat pariwisata sejak Rabu (13/5/2021) sampai Minggu (16/5/2021). Selain Manggar dan Lamaru, ketentuan itu juga berlaku di Pantai Smacly dan Nirmala, Kemala Beach, Pantai Kilang Mandiri, Kebun Raya Balikpapan, Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup (KWPLH) Kilometer 23, Mangrove Center Graha Indah.

Selain itu, kawasan fasilitas umum (fasum) seperti Lapangan Merdeka, Melawai dan Monpera serta kawasan lokasi pembangunan Pangkalan Angkatan Laut juga ditutup sementara. Taman Tiga Generasi, Taman Bekapai, Taman Lalu Lintas Sepinggan, Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome dan kawasan Grand City juga ditutup, sejak Selasa (12/5/2021) sampai Minggu (16/5/2021). (ryn/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply