alexa

Polisi Periksa Motif Pelaku Perusakan di Masjid Al-Ikhwan Balikpapan Baru

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pasca melaksanakan ibadah salat Id, warga kompleks Balikpapan Baru digegerkan dengan perusakan peralatan aksesoris Masjid Al-Ikhwan.

Pelaku perusakan itu rupanya terekam dalam CCTV yang ada di masjid tersebut. Dalam video yang berdurasi 54 detik itu, rupanya pelaku memasuki masjid sekitar pukul 06.40 Wita, Kamis (13/5/2021) dengan menggunakan baju putih lengan pendek serta masker putih dan celana berwarna hitam.

Saat berada di dalam masjid, pelaku mengambil dua pembatas salat yang terbuat dari kayu, lantas digunakan pelaku untuk memecahkan kaca jam di masjid tersebut dengan cara memukulnya berulang kali.

Nur Hadi (46),  muazin di masjid itu mengatakan baru mengetahui kejadian itu sebelum melaksanakan Ibadah salat Zuhur.

“Sebelumnya setelah selesai salat Id, saya dari rumah salah satu jemaah di Kyoto, setelah itu pulang ke rumah. Nah, karena saya muazin ya saya pergi ke sana (masjid) duluan sebelum Zuhur,” ujarnya kepada awak media, Kamis (13/5/2021).

Sesampainya di masjid, ia dikagetkan dengan banyaknya orang di sana. Usut punya usut, ternyata jam dinding yang terletak di tempat imam masjid itu sudah pecah.

Baca Juga:  Pria Pengangguran Gasak Rumah Tetangga

“Setelah melaksanakan ibadah salat Zuhur baru lihat CCTV,” jelasnya.

Ia mengaku tidak mengenali dan melihat pelaku. Namun berdasarkan informasi yang ia dapatkan, pelaku mengontrak di rumah yang tak jauh dari lokasi kejadian.

“Informasinya itu, dia tinggal di Blok L sini, ya di sekitaran sini aja, Balikpapan Baru juga,” tambahnya.

Dan benar saja, belakangan ini pelaku diketahui berinisal AS (45) tinggal di pesona Contri, Balikpapan Baru. Pasca melakukan perusakan, rupanya pelaku melarikan diri ke belakang pos sekuriti arah Gang Kantil Balikpapan Baru.

Salah satu warga melaporkan ke sekuriti, lalu warga dan sekuriti memburu pelaku hingga akhirnya berhasil ditangkap di pos sekuriti. Pelaku kemudian dijemput oleh anggota Polsek Balikpapan Selatan.

Sementara itu, motif dari pelaku perusakan tersebut sedang didalami kepolisian. Saat ini pelaku sedang menjalani pemeriksaan oleh petugas.

“Pelaku saat ini masih dalam pemeriksaan,” ujar Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply