alexa

Polresta Balikpapan Pantau Penerapan Prokes di Mal selama Lebaran 2021

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Polresta Balikpapan mengantisipasi lonjakan kerumunan masyarakat di sejumlah titik vital pada Lebaran Idulfitri tahun ini. Selain mendirikan pos di pelabuhan angkutan orang dan bandara. Mereka juga menjaga area pusat perbelanjaan alias mal. Yang diprediksi akan dipadati masyarakat imbas regulasi pelarangan mudik.

Dari pantauan nomorsatukaltim.com, sejumlah pos telah didirikan Polresta Balikpapan di beberapa titik. Baik itu pos pelayanan, pos pengamanan, hingga pos terpadu.

Selain itu, aparat kepolisian juga sudah turun ke lapangan guna memberi edukasi pada unit usaha. Utamanya yang berada di dalam mal. Untuk menerapkan ptorokol kesehatan. Yang artinya, Polresta Balikpapan tidak melarang masyarakat untuk berbelanja, namun harus tetap menaati prokes.

“Ada (dirikan pos) di Pelabuhan Semayang, di bandara, kemudian di tempat lain, kita juga membuat pos terpadu untuk pemantauan penerapan protokol kesehatan terutama di pusat perbelanjaan,” ujar Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi, Rabu 12 Mei 2021.

Meski puncak kunjungan ke mal baru akan terjadi sejak Lebaran, namun dari pantauan kepolisian. Dalam beberapa hari terakhir. Kepadatan di mal sudah mulai terlihat. Hal ini tak lepas dari aksi warga Kota Minyak berburu perlengkapan Lebaran. Mulai dari kebutuhan pangan hingga sandang.

Baca Juga:  Berkerumun saat Kampanye, Siap-siap Dibubarkan

Beruntung, pengelola mal dapat menyikapi peningkatan kunjungan ini dengan baik. Namun begitu, Polresta Balikpapan tetap akan melakukan kontrol berkala.

“Saya lihat memang mereka kontrol untuk protokol kesehatan. Terutama jumlah pengunjung, saya kira mereka sudah bisa melakukan penertiban.”

“Biasanya H-1 gini banyak banjir diskon di tempat perbelanjaan. Ini yang wajib kita waspadai dari keramaian warga,” jelasnya.

Selama Ramadan ini, masyarakat Balikpapan terlihat cenderung taat prokes ketika keluar rumah. Indikator keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) secara umum tergolong kondusif.

Untuk itu, Polresta Balikpapan berharap kepatuhan ini bisa terus dipertahankan. Utamanya saat momen Idulfitri nanti. Masyarakat dan unit usaha harus punya komitmen yang sama untuk bisa hidup di tengah pandemi dengan aman.

Sementara itu, aktivitas di dua mal besar di Balikpapan terpantau ramai di H-1 Lebaran. Tenant pakaian dan alas kaki jadi primadona masyarakat. Tempat lain yang banyak dipadati pengunjung adalah swalayan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman khas Lebaran. (bom/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply