alexa

Petugas Sampah Libur 2 Hari, Warga Kukar Diminta Bijak Kelola Sampah selama Lebaran

Kukar, nomorsatukaltum.com – Petugas pengangkut sampah akan turut libur selama dua hari. Di masa cuti bersama Lebaran Idulfitri –13 dan 14 Mei 2021–. Karena itu, masyarakat Kukar diminta untuk tidak memproduksi sampah rumah tangga terlalu banyak selama Lebaran. Untuk menghindari tumpukan sampah yang mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau tak sedap.

Pemkab Kukar mengimbau pada warga Kukar, terutama warga 3 kecamatan; Tenggarong, Tenggarong Seberang, dan Loa Kulu. Agar lebih bijak mengelola sampah rumah tangga selama Lebaran.

Momen Idulfitri yang identik dengan sajian makanan melimpah. Yang tentu bakal membuat limbah rumah tangga meningkat drastis. Lalu armada sampah dan petugasnya yang juga akan diliburkan untuk turut menikmati Lebaran. Membuat kekhawatiran bakal menumpuknya sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Imbauan tersebut tertuang dalam surat resmi dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kukar. Yang telah ditujukan secara khusus untuk 3 camat di atas. Untuk selanjutnya harus disosialisasikan lagi kepada lurah dan ketua RT. Agar imbauan ini bisa sampai di masyarakat.

“Diminta para camat agar dapat mengoordinasikan kepada lurah dan (ketua) RT masing-masing,” ucap Kepala Disperkim Kukar Ahyani Fadianur Diani.

Baca Juga:  Empat Daerah di Kaltim Laporkan Nol Kasus COVID-19 saat Lebaran

Untuk mengurangi produksi sampah rumah tangga. Warga diminta untuk tidak menggunakan kantung plastik sekali pakai. Diganti dengan wadah yang bisa dicuci dan dipakai kembali. Paling tidak selama dua hari libur Lebaran.

“Mengenai hal-hal tersebut kiranya dapat disampaikan menggunakan pengeras suara di masjid, musala, surau, dan lain-lain,” pungkas Ahyani. (mrf/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply