ngopi

Menilik Pos Penyekatan Larangan Mudik di Tenggarong pada H-1 Lebaran

Kukar, nomorsatukaltim.com – Larangan mudik yang diintruksikan pemerintah pusah membuat aparat di seluruh Tanah Air berjaga ketat. Utamanya di jalur masuk dan keluarnya suatu daerah. Nomorsatukaltim.com secara khusus menilik beberapa pos penyekatan di Tenggarong sehari sebelum Lebaran. Bagaimana kondisinya?

Pos yang berada di Simpang Tiga Lembuswana termasuk titik vital. Karena merupakan kawasan perbatasan Kota Samarinda dan Kabupaten Kukar (Tenggarong Seberang dan Tenggarong).

Saat awak nomorsatukaltim.com mendatangi pos ini. Beberapa aparat tengah berjaga. Secara umum, arus lalu lintas tampak lengang. Tak banyak pemudik yang lalu lalang melintasi batas daerah tersebut.

Dikatakan Aipda Sulhamdani, arus mudik tahun ini memang cenderung menurun. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pun pos tersebut sejatinya tidak hanya berfungsi sebagai pos penyekatan saja. Namun juga difungsikan sebagai pos pengamanan dan pengaduan masyarakat.

“Status pos pengamanan lebaran di Simpang Tiga Lembusuana Kukar ini memang dibuat memantau arus mudik. Sewaktu-waktu juga diperbantukan untuk penyekatan. Intinya di sini pos pengamanan.”

“Memantau juga ketika ada laka atau kejadian apapun yang bisa ditangani di sini. Pos inti pemudik ada di pintu masuk Kota Tenggarong.”

“Dari pengamatan kita di lapangan, terjadi penurunan drastis. Adalah yang lepas tapi enggak jor-joran kayak tahun kemarin. Rata-rata mereka pulang ke (kawasan) hulu.”

“Relatif menurun, kita presentasikan 25 sampai 30 persenan lah masyarakat yang masih melakukan perjalanan mudik. Cuma, selalu kita imbau supaya tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.”

“Selain untuk penjagaan pemudik. Penyisiran sepanjang jalan ini juga kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal,” jelasnya.

Menurunnya jumlah pengendara dalam 4 hari terakhir, atau di masa arus mudik tahun ini. Turut menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas. Di periode arus mudik kali ini, tercatat hanya terjadi 1 kecelakaan tunggal. Dialami oleh satu unit truck yang diduga kelebihan muatan barang.

pos penyekatan

Beralih ke pos penyekatan pada Operasi Ketupat 2021 di Simpang 3 RSUD AM Parikesit Kukar, Tenggarong Seberang. Yang juga merupakan salah satu pintu masuk ke ibu kota Kabupaten Kukar. Kondisi di sana juga tampak lengang.

Petugas hanya memantau dari pos. Kondisi jalan juga sangat sepi. Pada jam 1 siang misalnya, ketika awak nomorsatukaltim.com mendatangi pos tersebut. Hanya 1-2 kendaraan yang lewat. Tidak seramai waktu normal. Kendaraan yang melintas terpantau adalah mobil pribadi dan truck pengangkut sembako.

Begitupun dengan pos penyekatan yang berada di Pal 5 Kelurahan Timbau, Tenggarong. Arus lalu lintas terbilang tidak ramai. Sama seperti pos penyekatan di Tenggarong Seberang, tidak tampak juga penjagaan yang ketat dari aparat.

“Ada beberapa yang memang disuruh putar balik. Tapi lebih baik menunggu koordinatornya saja, Mas. Yang menjelaskan situasi dan kondisinya,” ujar petugas penjaga yang enggan disebutkan namanya.

Media ini coba menunggu beberapa saat, namun coordinator pos yang dimaksud urung datang. (frd/mrf/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply