alexa

Jelang Lebaran, Pasar Tangga Arung Penuh Sesak

Kukar, nomorsatukaltim.com – Jelang Idulfitri 1442 Hijriah, Pasar Tangga Arung Tenggarong terpantau padat. Paling tidak sejak H-3 Lebaran. Kepadatan mulai tampak sejak siang hingga malam, menjelang pasar tutup pukul 22.00 WITA lebih.

Kepadatan ditandai dengan melubernya sepeda motor yang terparkir di depan gerbang pintu masuk. Yang biasanya terparkir rapi di dalam gerbang.

Kepadatan dipicu masyarakat yang berburu baju Lebaran, maupun kebutuhan lainnya. Namun yang tampak, masyarakat lalu lalang berburu baju untuk anak-anak hingga dewasa. Ditambah pedagang yang ramai-ramai memberikan diskon dan mengobral dagangan.

Seperti yang dijelaskan Iqbal, salah satu pedagang di Pasar Tangga Arung Tenggarong. Peningkatan omzet dari toko baju muslim miliknya lumayan besar dibanding hari biasa. Pembeli pun ramai keluar masuk toko baju miliknya.

“Alhamdulillah 3 hari ini ada peningkatan omzet. Dibanding 2 tahun yang lalu sangat jauh,” ujarnya girang.

Diungkapkan memang efek COVID-19 sangat terasa kepada penjualannya. Masyarakat menjadi menahan diri untuk berbelanja. Memilih untuk membelanjakannya untuk keperluan penting sehari-hari.

Baca Juga:  Persiapan Kaltim Silent, Pembeli di Pasar Tangga Arung Tenggarong Mulai Borong Kebutuhan

Tak hanya itu, cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kukar, cukup menjadi faktor penting. Apalagi memang tercatat Kukar menjadi satu daerah dengan jumlah ASN terbanyak. Kalau pendapatan ASN “seret”, ya roda ekonomi pun terganggu.

“Alhamdulillah, THR udah cair. Jadi bisa beli baju buat anak-istri,” ujar Rahman, salah satu pengunjung Pasar Tangga Arung.

Tapi sejauh terpantau media ini. Masyarakat masih terpantau patuh akan menggunakan masker. Meskipun tidak sedikit terlihat adanya penumpukan orang di satu tempat. (mrf/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply