alexa

Posko COVID-19 di PPU Siaga 24 Jam Selama Masa Pengetatan Arus Mudik

PPU, nomorsatukaltim.com – Personel Satgas COVID-19 PPU di posko pintu masuk bakal berjaga 24 jam. Khususnya pos yang berada di Pelabuhan Ferry Penajam. Selama pemberlakuan 6-17 Mei mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD sekaligus Sekretaris Satgas COVID-19 Penajam Paser Utara, Marjani. Fokus personel BPBD sendiri ada di 3 pos pintu masuk. Lebih khusus lagi, di pintu masuk Kecamatan Penajam.

Ada 3 pos berdiri di sana. Satu di pelabuhan speedboat dan kapal motor, satu di pelabuhan milik Chevron (yang juga kerap digunakan masyarakat umum), lalu Pelabuhan Ferry Penajam.

“Di pelabuhan ferry ada perbedaan pemberlakuan. Yaitu berlaku 24 jam. Personelnya juga kami tambah,” ujarnya, Selasa, (11/5/2021).

Jelang lebaran ini, tim jaga merupakan kegiatan gabungan bersama yang digagas Polri, Operasi Ketupat. Jadi Polres Penajam Paser Utara juga mendirikan pos terpadu.

Untuk personel satgas sendiri, terdiri dari gabungan BPBD, TNI-Polri, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan serta relawan. Masing-masing pos diisi sekira 10 personel.

Kepala Pelaksana BPBD PPU Marjani.

Kepala Pelaksana BPBD PPU Marjani. (Robbi/nomorsatukaltim)

“Nah, untuk pos yang berjaga 24 jam, personelnya ada 8. Itu personel tambahan. Mereka berjaga bergiliran. Untuk malam itu minimal 4 yang berjaga,” jelasnya.

Meski statusnya relawan, mereka tetap dibayar. Ada insentif sebesar Rp 75 ribu sehari. Bersumber dari dana penanganan COVID-19 PPU.

Untuk pos-pos lainnya, lanjut Marjani, selain menjaga keluar-masuk masyarakat, turut menjaga pengetatan di beberapa tempat wisata. Sesuai amanah surat edaran bupati.

“Ini tanggung jawab kita bersama. Untuk menjalankan upaya kebaikan untuk masyarakat semua di masa pandemi ini. Untuk mencegah atau meminimalisir penyebaran COVID-19,” tutupnya. (rsy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply