alexa

DLH PPU Imbau Simpan Dulu Sampah saat Lebaran

PPU, nomorsatukaltim.com – Masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) diimbau saat hari raya Idulfitri 1442 Hijriah kali ini. Untuk menyimpan dulu sampah rumah tangganya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH PPU Tita Deritayati. Melalui surat edarannya.

“Diimbau kepada masyarakat PPU pada 13-14 Mei untuk tidak membuang sampah ke TPS dan menyimpan sementara sampahnya di rumah masing-masing. Petugas tidak melakukan pengangkutan dikarenakan libur hari raya Idulfitri,” Kepala DLH PPU.

Adapun petugas melakukan pengangkutan terakhir ialah pada 12 Mei. Itupun waktunya terbatas. Hanya pukul 7.00-12.00 Wita.

Pengangkutan baru kembali normal pada 15 Mei nanti. Dengan jam waktu normal.

“Masyarakat baru bisa membuang kembali sampah-nya di TPS terdekat,” ucap dia.

WhatsApp Image 2021 05 11 at 19.24.58

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Apalagi degan niatan untuk memberatkan warga. Namun lebih pada menjaga situasi sampah di TPS tidak membeludak. Terhambur hingga ke badan jalan.

“Untuk memberikan waktu para tenaga pengangkut sampah, yang juga berlebaran. Karena mereka juga rata-rata muslim,” tegas dia.

Baca Juga:  Hamdam: Silaturahmi Virtual Tak Mengurangi Esensi Lebaran

Untuk diketahui, personel pengangkut sampah terdiri dari sekira 125 orang. Berbagi tugas untuk menjalankan 14 armada yang ada.

Kemudian, hal ini juga sebagai upaya sosialisasi. Agar warga menaati kebijakan untuk membuang sampah sesuai waktu yang ditentukan.

“Dan juga ada kepedulian serta peran serta masyarakat dalam mengatur jam pembuangan sampahnya. Masalah sampah adalah masalah kita bersama,” imbuh Tita.

Meski begitu, petugas tetap bersiaga. Jika saja kemudian dibutuhkan. Karena kondisi sampah darurat. (rsy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply