alexa

TKA Filipina Positif COVID-19

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Filipina dinyatakan positif COVID-19. Dan sekarang sedang menjalani karantina mandiri di salah satu hotel di Berau.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengakui kebenaran hal tersebut. Dikatakannya, TKA itu merupakan pekerja di perusahaan pelayaran, ke Berau untuk melakukan crew check atau pergantian shift dengan awak kapal yang ada di Muara Pantai Berau.

“Sebenarnya ada 8 orang yang datang ke Berau. Warga Negara Ukraina dan Filipina. Di antaranya, hanya satu yang positif COVID-19,” ujarnya kepada Disway Berau, belum lama ini.

Lanjutnya, secara aturan, yang bersangkutan telah memenuhi syarat perjalanan. TKA asal Filipina itu telah mengikuti serangkaian pemeriksaan mulai dari Jakarta, Balikpapan hingga Berau.

“Yang bersangkutan itu sudah beberapa kali di swab, dan hasilnya negatif. Tapi pas di Berau malah positif,” ungkapnya.

Iswahyudi mengungkapkan, belum mengetahui pasti dari mana sumber penularan TKA tersebut. Menurutnya, bisa saja yang bersangkutan itu terpapar di perjalanan atau saat berada di Berau.

Baca Juga:  Karyawan BPJAMSOSTEK Berau Divaksin Tahap Kedua

“Bisa saja begitu. Yang bersangkutan itu datang ke Berau naik transportasi udara sekira 6 hari lalu,” bebernya.

Dia mengaku lupa dengan nama atau inisial TKA tersebut. Dan diperkirakannya, TKA itu berusia sekira 40 tahun. Saat ini, TKA melaksanakan karantina mandiri di salah satu hotel di Berau.

“Untuk nama hotel tidak perlu saya sebut. Yang jelas, dia sudah dijaga dan diperiksa,” tuturnya.

Berdasarkan rekam perjalanannya, yang bersangkutan terkahir kali mengunjungi Abu Dhabi sebelum ke Indonesia. Dan, ditegaskan Iswahyudi, ini bukan kecolongan. Karena, berdasarkan aturan, yang bersangkutan telah sesuai.

“Alur yang dilakukan oleh TKA itu sudah tepat, jadi memang bukan kecolongan,” tegasnya lagi.

“Saat di Jakarta, para TKA itu melakukan karantina selama 5 hari, sebelum mereka melakukan swab PCR (Polymerase Chain Reaction, Red). Di Balikpapan hanya trasit dan langsung lanjut Berau,” tutupnya. */fst/app

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply