alexa

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh saat Diet

Jakarta, nomorsatukaltim.com – Sistem metabolisme adalah proses atau kemampuan tubuh dalam mencerna makanan dan membakar kalori untuk diubah menjadi energi. Metabolisme yang tinggi penting untuk menurunkan berat badan. Terdapat sejumlah cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet.

Semakin tinggi proses metabolisme, maka semakin cepat kalori terbakar. Proses pembakaran ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebaliknya, apabila metabolisme turun, maka dapat mempengaruhi tubuh dalam menghilangkan lemak untuk menurunkan berat badan.

Metabolisme dapat ditingkatkan dengan mudah. Berikut cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Pertama, Konsumsi protein. Mengonsumsi makanan kaya akan protein seperti dada ayam, kacang atau telur, dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Asupan makanan tinggi protein bisa mempercepat metabolisme sebesar 15-30 persen. Selain itu, memperbanyak konsumsi protein memberi efek kenyang lebih lama yang dapat mendukung diet.

Kedua, minum air dingin. Cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet paling sederhana yaitu minum air putih. Minum air dingin karena dapat membuat perut cepat kenyang dan tubuh membakar banyak kalori.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi menunjukkan minum air setengah jam sebelum makan dapat membantu Anda makan lebih sedikit serta berfungsi mengontrol berat badan.

Baca Juga:  Kopi Janji Jiwa Tawarkan Pengalaman Ngopi Berbeda

Ketiga, latihan intensitas tinggi. High-Intensity Interval Training (HIIT) atau olahraga intensitas tinggi merupakan latihan yang dianjurkan untuk diet. Dampaknya bisa mempercepat pembakaran kalori.

Semakin rutin melakukan HIIT, maka efeknya lebih besar untuk membakar lemak. Beberapa latihan HIIT yang bisa dicoba yaitu lari, push-up, squat, plank, dan wall-sit.

Keempat, latihan angkat beban. Angkat beban atau latihan untuk kekuatan otot termasuk salah satu cara yang bisa meningkatkan metabolisme.

Selain lebih cepat dalam membakar kalori, latihan angkat beban juga berguna dalam membangun otot tubuh.

Kelima, perbanyak kegiatan fisik. Terlalu lama duduk dan kurang kegiatan fisik dapat memperlambat proses metabolisme. Untuk itu, sangat disarankan banyak melakukan kegiatan. Supaya proses pembakaran dapat terjadi.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan supaya tubuh membakar kalori yaitu dengan berjalan kaki, membersihkan rumah, bersepeda atau sekadar turun naik tangga.

Keenam, minum teh hijau. Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme sebesar 4-5 persen. Antioksidan dalam teh hijau yaitu polifenol dapat menangkal radikal bebas serta mempengaruhi penyerapan lemak.

Baca Juga:  Konsumsi Roti Gandum Bisa Sukseskan Program Diet

Selain itu, teh hijau termasuk minuman rendah kalori yang dapat menjaga berat badan. Komsumsi teh hijau murni tanpa diberi pemanis tambahan.

Ketujuh, minum kopi. Sebuah penelitian menunjukkan, kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3-11 persen. Sehingga membantu membakar lemak.

Efek minum kopi pada metabolisme dan pembakaran lemak berkontribusi untuk diet serta memelihara berat badan. Konsumsi kopi tanpa tambahan gula.

Kedelapan, gunakan minyak goreng sehat. Ganti minyak goreng dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak canola.

Makanan yang digoreng dengan minyak yang tidak sehat dapat memperlambat metabolisme. Karena minyak sulit dicerna tubuh dan memicu penumpukan lemak jenuh.

Kesembilan, konsumsi makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas dapat membantu mempercepat metabolisme. Karena kandungan zat capsaicin untuk pembakaran jaringan lemak.

Konsumsi cabai dengan tidak berlebihan. Konsumsi yang berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, hingga maag.

Kesepuluh, tidur yang cukup. Salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet adalah dengan tidur yang cukup yakni 7-9 jam per hari.

Baca Juga:  Khasiat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seseorang yang kurang tidur berisiko terkena obesitas. Karena dapat memicu peningkatan hormon kelaparan ghrelin yaitu hasrat untuk makan.

Itulah cara meningkat metabolisme tubuh untuk diet yang dapat dilakukan dengan mudah. Lakukan cara ini agar metabolisme meningkat dan diet dapat tercapai. (cnn/qn)

Sumber: 10 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Diet

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply