alexa

Penyekatan Wilayah Perbatasan di Paser, 14 Pengendara Putar Balik

Paser, nomorsatukaltim.com – Guna memastikan lancarnya proses pengamanan dan larangan mudik di Paser, Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol Drs Hariyanto, S.H M.Hum menyambangi Pos Penyekatan Operasi Mahakam 2021 di wilayah hukum Polres Paser, Minggu (9/5/2021).

Seperti yang dilakukan Pos Penyekatan di Jalan Negara, kantor Kecamatan Muara Komam. Yang mana pos itu mendata kendaraan dari Provinsi Kalimantan Selatan. Menuju Kaltim. Dalam tiga hari beroperasi. Yakni 6 hingga 9 April, belasan kendaraan diminta putar balik.

“Sekira 14 kendaraan harus putar balik (kembali ke Kalsel). Karena tak mempunyai surat keterangan kedinasan. Baik dari kelurahan (pemerintah setempat) maupun kantor. Jadi murni mau mudik,” kata Hariyanto.

Bahkan didapati, pelintas yang merupakan pekerja dari Kalsel. Ingin ke Kaltim, tepatnya ke Kota Balikpapan.Hanya memiliki surat keterangan dari kantor tempat bekerja. Namun tak dilengkapi dengan surat hasil swab antigen atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dimana, pekerja sekira tiga orang itu mengaku, tak mengantongi hasil swab antigen, karena lokasi kerjanya di tengah hutan. Sehingga belum melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

“Sehingga harus di swab antigen dulu. Alhamdulillah yang hari ini, tak ada yang positif,” sebutnya.

Untuk warga dari luar Kaltim. Jika ingin ke Bumi Etam, juga tak perlu khawatir. Karena di Pos Penyekatan Operasi Mahakam 2021 disediakan 100 pcs swab antigen. Tidak dipungut biaya. Namun, surat keterangan atau hasil swab, berlaku 1X24 jam.

Selama meminta pengendara memutar balik di daerah asal. Diakuinya setelah berdiskusi dengan petugas, tak ada masyarakat yang menolak atau komplain. “Semua menerima. Ya diantaranya ada dari Banjar Baru dan Tabalong,” tandasnya.

Diakuinya, petugas yang berjaga baik TNI-Polri maupun dari pemerintah daerah, sudah menjalankan sesuai prosedur. Sehingga masyarakat atau pelintas dapat memahami.

Diinformasikan, Pos Penyekatan Operasi Mahakam 2021untuk lintas provinsi, juga terdapat di Kilometer 80 Kecamatan Batu Engkau. Dan satu untuk lintas Kabupaten. Yakni perbatasan Kecamatan Long Kali (Kabupaten Paser) dengan Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara. (asa/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply