alexa
ngopi

16 Ekor Burung Cucak Ijo Gagal Diselundupkan di Pelabuhan Semayang

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Polsek KP3 Semayang dan Balai Karantina Pertanian Balikpapan berhasil menggagalkan penyelundupan burung Cucak Ijo yang memiliki nilai jual cukup mahal di Indonesia.

Sebanyak 16 ekor burung Cucak Ijo tersebut ditemukan petugas gabungan berada di kamar mesin kapal yang hendak berangkat ke Surabaya, Rabu (5/5/2021) lalu.

Kepala Karantina Pertanian Balikpapan, Ridwan Alaydrus dalam rilisnya mengatakan, ke-16 burung hias yang bernilai jual cukup tinggi ini langsung diamankan petugas lantaran tidak memiliki sertifikat kesehatan hewan (KH-11) saat hendak dibawa menggunakan kapal laut.

“Modus yang dilakukan yaitu dengan menyembunyikan burung-burung tersebut di kamar mesin,” ujarnya, Sabtu (8/5/2021).

Lanjut Ridwan, berdasarkan Undang-undang No. 21 Tahun 2019 Pasal 35, setiap orang yang akan memasukkan dan/atau mengeluarkan media pembawa wajib melengkapi sertifikat kesehatan dari tempat pengeluaran yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Berkat kerja sama yang baik antara Pejabat Karantina Pertanian Balikapapan wilker Semayang dengan Kepolisian Sektor Pelabuhan Semayang, burung Cucak Ijo ini dapat digeledah dan diamankan karena tanpa disertai dokumen karantina,” jelasnya.

Baca Juga:  Pria Asal Kalsel Ditemukan Tak Bernyawa Saat Kapal Sandar

Dalam melakukan penindakan tersebut, Karantina Pertanian Balikpapan telah berkoordinasi serta peningkatan keamanan terhadap kapal yang akan pergi meninggalkan pelabuhan Semayang Balikpapan.

“Sinergi dan kerja sama antar instansi ini perlu terus kita bangun dan tingkatkan dalam mencegah terjadinya tindak pelanggaran, khususnya terkait dengan satwa liar,” tutupnya.

Seperti diketahui, saat ini Pelindo IV Balikpapan telah mendirikan pos pengecekan kendaraan di pelabuhan Semayang Balikpapan. Tujuan pendirian pos ini adalah mencegah terjadinya penyelundupan orang yang menumpang di dalam kendaraan angkutan sembako yang hendak keluar kota Balikpapan.

Pos yang terdiri dari TNI-Polri, KSOP, Pelindo serta Balai Pertanian Balikpapan ini akan memeriksa seluruh isi bawaan kendaraan yang hendak masuk ke dalam kapal. Tidak hanya itu, petugas juga bakal memeriksa seluruh sudut kapal dan mengecek surat-surat dokumen perjalanan. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply