ngopi

Irawan: Awak Media Ujung Tombak Keterbukaan Informasi

PPU, nomorsatukaltim.com – Peran media sangat diapresiasi DPRD Penajam Paser Utara (PPU). Tentunya dalam dukungan untuk peran keterbukaan informasi.

Wakil Ketua Komisi I DPRD PPU Irawan Heru Suryanto mendorong adanya peningkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Utamanya pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab PPU.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan maksimal jika tidak dibantu oleh kerja dari rekan-rekan media,” ujarnya, Jumat, (7/5/2021).

Dalam hal ini, wartawan disebutnya menjadi ujung tobak bagi keterbukaan informasi pemerintah daerah sebagai badan publik.

Jelasnya, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), informasi publik itu adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik.

Badan itu yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

“Masalah potensi daerah, dinamika yang terjadi, dan keterbukaan informasi publik itu wartawan jadi ujung tombaknya. Saya sangat mendukung adanya anggaran untuk mendukung teman-teman wartawan,” terangnya.

Satu sisi, ia turut menilai kinerja media yang ada di Benuo Taka. Menurutnya, untuk usia daerah yang baru 19 tahun, sudah sangat baik.

Tak sedikit isu-isu di masyarakat yang terangkat ke permukaan. Membuat para wakil rakyat bisa bertindak segera.

“Kadang, dari media kita bisa melihat masalah yang ada di tengah masyarakat,” sebutnya.

Sebaliknya, masyarakat juga tahu kerja-kerja pemerintah dalam mewujudkan pembangunan. Dan pemenuhan atas hak yang harus diterima warganya.

“Saya pikir kerja wartawan saat ini bagus. Bisa memberikan edukasi kepada masyarakat. Ya, kalau ada pro dan kontra dalam pemberitaan itu wajar sajalah. Yang penting, keterbukaan informasi publik itu bisa berjalan. Itu jadi ruh dari teman-teman wartawan,” tutup Irawan. (ADV/rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply