alexa

Tunggu Rekomendasi

Pengisian JPT di Pemkab Berau

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – – Rotasi, mutasi maupun seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau yang tertunda tahun lalu, akan dirampungkan tahun 2021.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Muhammad Said mengatakan, tahapan awal sebelum JPT berlangsung, terlebih dulu melakukan rotasi pengisian asisten I, II dan III Setkab Berau. Untuk pengisian rotasi, langsung dari pertimbangan bupati Berau.

“Setelah jabatan asisten semua terisi, baru bisa melaksanakan lelang jabatan tertinggi. Untuk sekkab (sekretaris kabupaten) masih tetap,” ungkapnya kepada Disway Berau, Minggu (2/4).

Said Optimistis, tahapan akan selesai tahun ini setelah berkoordinasi dan mendapatkan persetujuan dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selanjutnya, pimpinan tertinggi nantinya bersifat promosi dan siapapun boleh mengikuti asalkan memenuhi persyaratan.

“Setelah asisten terpilih dan rekomendasi dari KASN keluar, baru menindaklanjuti dengan pembukaan lelang,” jelasnya.

Dijelaskannya, selama JPT mengalami kosong lantaran pensiun hingga terjerat hukum, jabatan di isi pelaksanaan tugas (Plt) sesuai dengan pemilihan kepala daerah dan proses kegiatan OPD bisa berjalan dengan lancar. Serta dipedomani SE Kepala Badan Negara 2/SE/VII/2019 tanggal 30 Juli 2019 tentang Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas dalam Aspek Kepegawaian.

Baca Juga:  Hindari Klaster Baru

“Kepala daerah memilih sendiri siapa Plt tersebut,” terangnya.

Sebelumnya, pada tahun 2020, melalui data BKPP Berau sebanyak 121 Aparatus Sipil Negara (ASN) pensiun sesuai dengan batas usianya, 2 pensiun atas permintaan sendiri dan 27 ASN meninggal dunia.

Sementara, per Januari 2021, terdapat beberapa jabatan kosong karena pensiun, yakni kepala kesbangpol, kepala dinas pemberdayaan perempuan, kepala dinas koperasi industri dan perdagangan. Sedangkan kepala dinas pertanahan diberhentikan akibat terlibat kasus korupsi dan kepala dinas perkebunan akan segera pensiun.

“Nanti jika sudah mendapatkan rekomendasi, baru masuk dalam tahapan seleksi,” tandasnya. jun

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply