ngopi

Butuh Rp 70 Miliar

Untuk Perbaikan dan Pemasangan Sheet Pile

Tanjung Selor, Nomorsatukaltim.com – Sheet pile atau dinding turap beton yang ambruk di beberapa tempat, akan diperbaiki Pemkab Bulungan. Seperti di Selimau dan Desa Jelarai Selor, Kecamatan Tanjung Selor. Yang ambruk sejak beberapa tahun lalu.

Rencana perbaikan turap ambruk itu, disampaikan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala. Namun, dirinya belum bisa memastikan kapan rencana itu mulai dilaksanakan. Karena menurutnya, akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Tapi Dinas PUPR Bulungan menargetkan perbaikannya tahun ini, khususnya sheet pile di Selimau,” kata Ingkong Ala, Kamis (6/5).

Selain perbaikan sheet pile ambruk, Pemkab Bulungan juga merencanakan pemasangan sheet pile di beberapa lokasi. Di antaranya, Desa Salimbatu, Tanjung Palas Tengah, Lebong, Teras Baru, Antutan, dan Pejalin di Kecamatan Tanjung Palas, serta di Desa Tengkapak, Tanjung selor.

Ia menyebut, untuk perbaikan dan pemasangan sheet pile di sejumlah tempat itu, membutuhkan dana mencapai Rp 70 miliar.

Jika melihat kondisi APBD Bulungan, kata pria yang telah dua periode menjabat wakil bupati itu, dibutuhkan dukungan anggaran. Baik dari Pemprov Kaltara maupun pemerintah pusat.

“Tidak semua bisa tertangani kalau gunakan APBD Bulungan,” ujarnya.

Ia juga menyebut, di beberapa lokasi harus dilakukan pemasangan sheet pile, karena jalan yang ada di wilayah itu terancam longsor, akibat abrasi.

Di Lebong, misalnya. Menurutnya, merupakan program lanjutan atau penyambungan sheet pile kurang lebih sepanjang 300 meter. “Untuk di Desa Tengkapak, tahun ini sudah dianggarkan perencanaannya. Sekira Rp 1,5 miliar, ” kata Ingkong Ala. */VIR/REI

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply