alexa

Waduh, Volume Sampah di PPU Naik Selama Ramadan

PPU, nomorsatukaltim.com – Selama Ramadan volume sampah di PPU meningkat. Ini bukan prediksi. Tapi sesuai data yang diimpun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU.

Kadis DLH PPU, Tita Deritayati menjelaskan saat normal volume sampah per bulan sekira 30 ton. Jadi, rata-rata per hari sekira 10 ton. Jumlah itu yang meningkat.

“Persentasenya, tidak banyak. Sekitar 3 persen,” ucap dia, Rabu (5/5/2021).

Jenis sampahnya organik. “Karena bulan Ramadan, banyak masalah dan sisa bahan makanan. Mungkin itu yang banyak terbuang,” imbuh perempuan berhijab itu.

Dinas tidak kaget. Hal ini sudah sesuai perkiraan. Berkaca dari momen-momen serupa sebelumnya. Kalau sampah jenis ini bakal bertambah. Untuk penanganannya, Tita menerangkan tidak ada yang berubah. Masih seperti biasa saja. Pun kendalanya masih serupa.

Yaitu dari sisi titik pengambilan sampah. Karena tempat pembuangan sampah (TPS) yang dimiliki masih terbatas. Alhasil, tak jarang pasukan kuning menyisir bukan hanya di TPS.

“Tapi selama ini tetap kita lakukan pengambilan dan sosialisasi ke masyarakat,” beber dia.

Lebih lanjut, penanganan khusus sampah non-organik masih dijalankan sesuai dengan skema program bank sampah. Lebih updatenya, dengan yang namanya program Serbugas. Yaitu gerakan Seratus bank sampah unit dengan sedekah sampah.

“Tapi kami juga saat ini gencar untuk menyosialisasikan pemanfaatan sampah. Jadi volume sampah juga bisa berkurang dengan program ini. Alhamdulillah, berjalan baik,” pungkas Tita. (rsy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply