Jangan Mudik

Operasi Ketupat Mahakam Dilaksanakan 12 Hari

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Polres Berau menggelar Operasi Ketupat Mahakam 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah selama 12 hari, mulai 5-17 Mei 2021. Terutama, mengantisipasi masyarakat yang nekat mudik lebaran di tengah ancaman COVID-19.

Bupati Berau Sri Juniarsih saat pemimpin upacara Operasi Ketupat Mahakam 2021 mengatakan, apel ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan dalam rangka pengamanan Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah.

Pasalnya, jelang Hari Raya Idulfitri, tren kasus COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03 persen. Pemicunya, terjadi peningkatan aktivitas masyarakat menjelang bulan Ramadan dan lebaran.

“Kasus harus diwaspadai berkaca pada gelombang penyebaran COVID-19 yang terjadi di Luar Negeri. Contoh di India, penambahan kasus mencapai 400.000 kasus dan angka kematian mencapai 3.500 kasus per hari,” jelasnya.

Sri berharap, masyarakat mengikuti imbauan atau kebijakan larangan mudik di tengah pandemik jika tidak memiliki keperluan yang mendesak atau urgen.

“Jika ditaati, sudah menjadi upaya bersama menekan penyebaran COVID-19 di Berau,” tutupnya.

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo mengatakan, operasi ini tetap mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, serta penegakan hukum secara selektif prioritas.

Selain itu, pihaknya telah melakukan penyelesaian atau penyempurnaan akhir persiapan pos pengamanan yang bertugas mengantisipasi penyekatan mulai aktif pada pukul 00.00 Wita, Kamis (5/5).

“Tugasnya, memeriksa masyarakat yang mudik atau tak ada keperluan yang urgensi, maka akan diminta putar balik. Selain di jalan, juga di bandara dan dermaga,” katanya.

“Yang di kota mengantisipasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), kerumunan di pusat keramaian. Tapi jika tidak mengikuti aturan, akan ditutup,” tambahnya. */PLP/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply