alexa
disway ntt malang

Pengawasan Diperketat

Antisipasi Varian Baru COVID-19

Tanjung Redeb, Nomosatukaltim.com – Munculnya berbagai varian baru COVID-19, menjadi perhatian serius Bupati Berau Sri Juniarsih. Khususnya, mengantisipasi lonjakan kasus dari arus balik pasca Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah/2021.

Dikatakannya, persiapan menjelang hari raya Idul Fitri banyak catatan penting dalam mengantisipasi penularan COVID-19 dengan varian baru. Terutama, penerapan protokol kesehatan jangan sampai kendur.

“Selain itu, perlu upaya strategis mengawasi tempat yang berpotensi terjadi penularan COVID-19. Seperti pasar, di sana perputaran ekonomi meningkat dan masyarakat berbelanja,” ucapnya.

Upaya antisipasi perlu dilakukan sejak dini, termasuk memproteksi warga agar terhindar dari penularan. Meski, belum ada kasus terkonfirmasi varian baru virus corona masuk di Bumi Batiwakkal.

Sejauh ini, upaya yang masih dijalankan hanya penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Mudah-mudahan jangan sampai masuk di Berau,” katanya

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi menyebut, untuk menekan angka penularan COVID-19, khususnya varian baru, warga yang tiba di kabupaten Berau wajib melakukan karantina.

Terkait pengadaan rumah karantina, dirinya akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 tingkat kecamatan.

“Harus karantina, walaupun hanya sekadar di rumah. Dan tim akan melakukan pengecekan secara rutin,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya terus memonitoring seluruh klinik maupun laboratorium yang menyediakan layanan tes Antigen maupun GeNose, agar melakukan pemeriksaan sesuai SOP.

“Kasus surat Antigen palsu jadi perhatian. Agar tidak ada lagi oknum yang melakukan bisnis jahat itu, yang membahayakan keselamatan banyak orang,” pungkasnya. */PLP/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply