alexa
disway ntt malang

Supermarket Tambah Stok 3 Kali Lipat, Antisipasi Naiknya Daya Beli

Balikpapan, nomorsatukaltim.com  – Sejumlah supermarket menyediakan kebutuhan 2 hingga 3 kali lipat dari bulan normal. Itu untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idulfitri tahun ini.

Sebab, permintaan masyarakat kini mulai meningkat. Meskipun belum signifikan dibanding 2019 lalu.

Owner Yova Supermart Jeffry Yova Cahyali mengatakan, minggu pertama Ramadan animo masyarakat membeli kebutuhan Ramadan dan Lebaran belum terlihat. Namun memasuki minggu kedua dan ketiga animonya sudah terlihat.

“Sekarang sudah mulai mempersiapkan untuk Lebaran. Daya beli pun mulai terlihat meningkat dibanding tahun lalu,” kata Jeffry Yova Cahyali saat dijumpai Minggu, (2/5).

Apabila dibandingkan, pertumbuhan kunjungan belum bisa disebutkan. Karena tahun ini masih berjalan. Namun apabila dibandingkan bulan sebelum Ramadan, kunjungan mengalami kenaikan.

“Persediaan kami sediakan naik dua-tiga kali lipat dari bulan biasanya. Kalau tahun lalu kami tidak agresif untuk stok karena lebih mengutamakan safety,” tukasnya.

Walaupun tahun lalu daya beli masyarakat turun, Jeffry mengungkap, angka pertumbuhan omzetnya masih diangka dua digit. Tahun ini pun pihaknya menargetkan dua digit. Yova sendiri terdapat di tujuh titik di Kota Balikpapan. “Enam mimimarket. Dan satu supermarket yang besar di Gunung Malang. Pada Ramadan kebutuhan yang paling sering dicari adalah minuman sirup, minuman untuk lebaran, biskuit, tepung, kacang dan kacang mente,” sebutnya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan pihaknya memiliki berbagai strategi. Baik itu menari konsumen baru maupun konsumen yang sudah setia dengan Yova. “Usai Lebaran tahun ini kami juga akan launching layanan online. Layanan ini akan melayani masyarakat dan diantar ke rumah konsumen,” ujarnya.

Terpisah, Grosir Lottemart Balikpapan juga menyebut permintaan naik 20 persen. “Untuk stok semuanya juga aman, daging aman, beras juga aman. Kebutuhan untuk Lebaran warga Balikpapan kita pastikan aman semua dan untuk harga,” kata General Manajer Lottemart Balikpapan Sultan Saladdin.

Begitupun soal harga, masih bisa terkendali. Hanya memang ada kenaikan permintaan hingga 20 persen dari tahun sebelumnya. “Kalau harga kita ikuti harga pasaran lebih murah, pedagang ambilnya disini,” urainya.

Meski ada kenaikan permintaan, namun belum seperti tahun-tahun biasanya yang mencapai 40 persen. Meski begitu, dia menilai sudah cukup bagus. “Kenaikan dibandingkan tahun lalu ada 20 persen,” sebut Sultan.

Sultan menambahkan, persediaan daging beku ditambah menjadi 40 ton. Karena untuk hari-hari biasa rata-rata 20 ton dalam sebulan. “Kita sebulan bisa 20 ton untuk kebutuhan daging beku, itu yang normal,” tutupnya.  (fey/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply