alexa
disway ntt malang

Polsek Loa Kulu Ringkus 2 Pelaku Copet di Pasar Selasa

Kukar, nomorsatukaltim.com – Polsek Loa Kulu berhasil meringkus komplotan pelaku pencopetan, yang seringkali beraksi di Pasar Selasa Loa Kulu. Yakni ER dan YL. Mirisnya, saat diringkus ER dalam keadaan mengandung 8 bulan. Sedangkan YL merupakan seorang residivis.

Dalam menjalankan aksinya, dua pelaku bekerja sama. Satu beraksi mengambil barang incaran, pelaku lainnya mengalihkan perhatian korban. Mereka pun selalu menggunakan pakaian besar dan memanjang, guna menyembunyikan barang hasil pencopetan. Agar tidak diketahui oleh masyarakat.

Kapolsek Loa Kulu AKP Gandha Syah Hidayat pun mengatakan, dua pelaku cukup meresahkan masyarakat yang bertransaksi di pasar. Terlebih tiap hari Selasa selalu saja ada aduan terkait pidana pencopetan. Anggotanya pun perlu waktu hingga sebulan lamanya untuk melakukan penyelidikan dan menangkap kedua pelaku ini.

“Alhamdulillah Unit Reskrim Polsek Loa Kulu berhasil mengamankan dua orang pelaku tersebut,” jelas Gandha pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Selasa (4/5/2021).

Dari tangan para pelaku, polisi berhasil mendapati uang tunai senilai Rp 2 juta, 14 Ringgit Malaysia, dan 2 Yuan China, sebuah gelang emas, telepon seluler, beserta tas dan dompet milik korban. Dari pengakuan para pelaku, hasil tersebut merupakan hasil operasi selama satu hari saja.

Kini keduanya pun harus sementara mendekam di Mapolsek Loa Kulu. Karena tindakan tersebut, mereka diancam dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun kurungan penjara.

Tidak hanya kasus pencopetan saja yang terjadi di Kukar. Belum lama ini juga, Polsek Tenggarong pun menerima laporan dari masyarakat, terkait aksi hipnotis. Tepatnya di Jalan Mangkuraja, Tenggarong.

Pelaku pun melakukan aksinya dengan modus mengajak korban untuk mengobrol di pinggir jalan, sambil melucuti barang korban. Total kerugian mencapai Rp 4 juta. Dengan barang yang berhasil diambil meliputi gelang, kalung dan barang berharga lainnya.

“Kriminalitas diprediksi meningkat mendekati lebaran, kami imbau selalu waspada, dan peduli dengan lingkungan untuk melindungi diri,” pungkas Kapolsek Tenggarong Iptu Rachmat Andika Prasetyo. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply