alexa
disway ntt malang

Mengenal Rekrutan Borneo FC, Wawan Si Pemain dengan 9 Posisi

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Borneo FC Samarinda baru saja menuntaskan perekrutan penyerang anyar, Wawan Febrianto. Pemain 27 tahun itu diikat kontrak 2 musim langsung. Tapi tahu tidak, ternyata, Wawan bisa bermain di 9 posisi. Lah, gokil banget!

Dipinjamkannya Rival Lastori ke Rans Cilegon FC membuat Borneo FC Samarinda harus segera mendapat penggantinya. Untuk mengisi pos penyerang sayap. Baik kanan ataupun kiri.

Dari pantauan nomorsatukaltim.com, Pesut Etam langsung menggelar negoisasi dengan Wawan Febrianto. Tak lama setelah Rival pergi. Atau kisaran pertengahan April lalu.

Lalu pada akhir April, presiden klub Nabil Husein mengunggah tiket pesawat seorang rekrutan anyar. Dari Surabaya ke Samarinda. Walau tidak menyebut siapa pemain yang dimaksud. Media ini menduga berat bahwa pemain misterius tersebut adalah Wawan Febrianto. Tertuang dalam berita bertajuk ‘Borneo FC Dapatkan Penyerang Anyar, Tanggal 2 Mei Diumumkan’.

Dan benar saja, pemain anyar itu adalah Wawan Febrianto, berposisi sebagai penyerang. Satu-satunya yang meleset tipis-tipis adalah tanggal perkenalannya. Yang ternyata, Borneo FC baru merilis peresmian Wawan pada 3 Mei petang.

Beralih dari tebak-tebakkan rumor transfer, kehadiran Wawan Febrianto di Borneo FC Samarinda memang menjadi sebuah kebutuhan. Bukan hanya mengisi pos yang ditinggal Rival Lastori. Namun Pasukan Samarinda teramat butuh pemain berpengalaman di posisi tersebut.

Wawan bisa saja menjadi rekrutan bagus. Lantaran dari usia, pemain kelahiran Pati, Jawa Tengah itu sedang di usia matang, 27 tahun. Dari sisi pengalaman, Wawan sudah bermain di kompetisi kasta teratas Tanah Air sejak tahun 2016. Alias sejak ISC. Alias lagi, musim perdana Borneo FC mentas di kasta tertinggi.

Penampilannya pun cukup konsisten, membuat 11 penampilan di musim debut. Wawan memperbanyak waktu tampilnya dengan memainkan 26 laga Liga 1 pada musim 2017. Jumlah penampilan yang sama dicatatkan pada ajang yang sama semusim setelahnya.

Lalu pada musim 2019, Wawan mendapati puncak kariernya di TIRA Persikabo. Saat itu, Wawan bermain sebanyak 31 laga di 3 ajang. Mencetak 8 gol dan 11 asis. Fun Fact-nya, jumlah kontribusi itu adalah setengah dari total yang dicatatkan Wawan (16 gol dan 21 asis sepanjang karier di level klub).

Peruntungannya berubah pada musim 2020. Di dua laga perdana, ia tak masuk dalam skuat. Dan hanya berada di bangku cadangan pada laga terakhir ketika TIRA menang 3-1 atas Persita.

Lalu pada musim ini, Wawan kembali dikontrak oleh tim yang memberinya debut itu untuk Piala Menpora. Artinya selepas turnamen pra musim tersebut, pemilik 90 penampilan di Liga Indonesia itu bakal berstatus bebas transfer. Nah di Piala Menpora itu, Wawan kembali menunjukkan kelasnya dengan membuat 2 asis dari 3 laga yang ia mainkan.

Melihat kontribusinya, Wawan sekilas cukup menjanjikan. Terutama peningkatan tren dari musim ke musimnya. Lalu, apalagi yang akan didapat Borneo di luar kematangan dan pengalamannya. Iya, sesuai judul berita ini. Wawan bisa bermain di 9 posisi! Kamu sedang tidak salah baca, kok.

Menilik situs Transfermarkt, Wawan Febrianto pernah bermain di kesembilan posisi itu. Detailnya seperti ini; penyerang sayap kiri (48 laga), gelandang serang kiri (7), gelandang serang (7), gelandang serang kanan dan penyerang kanan (masing-masing 4), penyerang tengah, gelandang bertahan (3), gelandang tengah (2) dan bek kanan (2).

Maka, posisi yang belum pernah dijajal oleh Wawan hanyalah bek tengah, bek kiri, dan penjaga gawang! Wow enggak sih?

Dengan rekam jejak yang sedemikian, maka Mario Gomez bisa memainkan Wawan di banyak posisi. Sesuai kebutuhan tim. Walau memang spesifikasi utama Wawan adalah penyerang kiri. Di mana pada posisi itu, Gomez sudah punya dua pemain andalan yang masih sama-sama muda; Fajar dan Sihran.

*

Peresmian Wawan sendiri dilakukan pada 3 Mei petang. Dijelaskan oleh manajer Farid Abubakar, Wawan langsung diikat kontrak berdurasi 2 tahun. Si serba bisa didapatkan secara gratis alias bebas transfer. Bagi Wawan, Borneo FC Samarinda akan menjadi klub profesional keduanya. Lantaran di 6 musim terakhir, ia hanya membela 1 klub saja.

“Kita sudah memastikan mendapat tanda tangan dari Wawan Febrianto untuk jangka waktu 2 tahun ke depan,” terang manajer klub Farid Abubakar.

“Ya kejutan sih bagi mereka yang melihat kok Wawan bisa pindah ke Borneo FC ya. Tapi alhamdulillah proses negoisasi berjalan lancar sampai akhirnya kita bisa mendapat tanda tangannya.”

“Ya semoga dia cepat beradaptasi dan bisa membawa prestasi untuk Borneo FC Samarinda,” pungkas Farid Abubakar. (frd/fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply