alexa
disway ntt malang

Jalan Rusak di Muara Badak Kukar Rusak, Warga Patungan Perbaiki Sendiri

Kukar, nomorsatukaltim.com – Urusan infrastruktur masih jadi masalah di Kukar. Contohnya titik perbaikan jalan di Desa Tanah Datar, Muara Badak yang diperbaiki oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XII Kaltim. Warga sekitar mengeluh. Bahkan, memperbaiki sendiri.

Tidak jauh dari titik tersebut, terdapat ruas jalan sepanjang 20 kilometer lagi yang ternyata rusak parah. Berlubang dan berlumpur ketika hujan turun. Seperti yang disampaikan oleh Edi Susanto, warga Kecamatan Muara Badak.

Sepanjang 20 kilometer tersebut, dari simpang enam menuju simpang Kota Bontang, terdapat 5 desa di Kecamatan Muara Badak. Yakni Desa Badak Baru, Desa Muara Badak Ulu, Desa Badak Mekar, Desa Batu-Batu dan Desa Tanah Datar.

“Paling parah sementara di Muara Badak Ulu dan Desa Batu-Batu,” kata Edi, Selasa (4/5/2021).

Untuk menanggulangi sementara ia dan beberapa rekannya melakukan penggalangan dana. Sejak 28 April sampai 7 Mei mendatang. Ia bersyukur. Antusiasme masyarakat tinggi. Dana yang terkumpul sudah melebihi target.

Pengumpulan dana ini dilakukan lantaran tidak ada perhatian dari pemerintah. Sebagian warga Muara Badak berinisiatif. Dana terkumpul itu untuk membeli batu agregat. Sehingga jalan tersebut layak dan bisa digunakan oleh masyarakat dengan aman. Bahkan pekan ini rencananya bakal mulai melakukan pengerjaan tersebut. Sedikit demi sedikit.

“Kalau menunggu anggaran dari pemerintah kapan diperbaiki,” tegas Edi lagi.

Selama ini pun jika ada perbaikan dari pemerintah. Hanya sebatas tambal sulam jalan saja. Sehingga dianggap tidak efektif dan efisien. Padahal menurutnya, kondisi jalan tersebut tidak sebanding dengan hasil alam yang dikeruk.

Ia pun mewakili masyarakat Muara Badak agar pemerintah lebih banyak memperhatikan daerah mereka. Utamanya infrastruktur jalan tadi. Karena salah satu faktor penting untuk mengangkat dan menggerakkan perekonomian masyarakat Kecamatan Muara Badak.

“Mudahan perbaikan total bisa segera dilakukan,” pungkas Edi. (mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply